Vaksinasi Sudah 63,67 Persen, Bupati Adnan Optimis Akhir Desember Penuhi Target

GOWA, NEWSURBAN.ID — Cakupan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Gowa saat ini sudah sekitar 63,67 persen. Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan optimis cakupan vaksinasi Covid-19 hingga akhir Desember 2021 dapat diraih sesuai target 70 persen.

Hal ini disampaikannya usai mengikuti Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri secara virtual di Peace Room A’Kio Kantor Bupati Gowa, Senin (27/12).

“Kita optimis akhir tahun capai 70 persen sesuai dengan kebijakan pemerintah. Kita harapkan di sisa lima hari lagi ini bisa mencapai 70 persen, karena tinggal 6 persen lebih,” ungkapnya.

Baca juga: Percepat Cakupan Vaksinasi 70 Persen, Pemkab Gowa Perluas Target dan Titik Vaksin

Lanjut Adnan, saat Pemerintah Kabupaten Gowa terus melakukan kegiatan vaksinasi di sejumlah titik di wilayah Kabupaten Gowa. Olehnya itu, ia mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Gowa yang belum vaksinasi untuk segera melakukan vaksinasi.

Selain itu, Adnan juga berharap masyarakat Kabupaten Gowa terus menerapkan protokol kesehatan, untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, khususnya jelang tahun baru 2022.

“Dalam rangka tahun baru, kita akan lakukan pembatasan di beberapa tempat dan penerapan protokol kesehatan tetap kita jaga,” harapnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Gowa telah melakukan upaya konkrit untuk mendorong cakupan vaksinasi sesuai target.

Baca juga: Pj Sekda Gowa Ajak IPM Berkolaborasi Tingkatkan Cakupan Vaksinasi Covid-19

Salah satu upaya dilakukan yaitu dengan memperluas target sasaran hingga titik vaksinasi di 18 kecamatan di Kabupaten Gowa. Tak hanya itu, untuk memaksimalkan sasarannya seluruh pimpinan daerah maupun Forkopimda Kabupaten Gowa turun langsung melakukan pengawasan dan pengecekan data vaksinasi.

Antara lain Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan melakukan pemantauan dan pengarahan percepatan vaksinasi di Kecamatan Bontonompo, Bajeng dan Pallangga.

Kemudian Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni memantau percepatan vaksinasi di wilayah dataran tinggi, seperti di Kecamatan Parangloe dan Parigi. Selajutnya, Penjabat Sekretaris Kabupaten Gowa, Kamsina meninjau di Wilayah Kelurahan Parangbanoa yang berlokasi di Kantor Lurah Parangbanoa, Kecamatan Pallangga.

Baca juga: Pemkab Gowa Optimis Capai 70 Persen Tervaksin di Akhir Desember

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian dalam arahannya meminta seluruh kepala daerah untuk meningkatkan cakupan Vaksinasi. Dengan cara memperkuat koordinasi bersama Forkopimda, Pemerintah Kecamatan, desa dan kelurahan.

“Saya berharap apa yang menjadi hasil pertemuan kita pada hari, mohon di follow up dan sesuaikan dengan kondisi dan tantangan daerah masing-masing,” terangnya. (JN)

Exit mobile version