MetroNewsSulsel
Trending

Pembangunan Stadion Mattoanging Dimulai, Tender Dini Tayang di SPSE

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Setelah melalui proses penyiapan dokumen yang panjang, akhirnya pembangunan Stadion Mattoanging memasuki tahap tender dini. Pengumuman tender dini tayang di laman Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE). Biro Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setda Provinsi Sulawesi Selatan per Jumat, 31 Desember 2021.

“Alhamdulillah tepat 31 Desember, pembangunan Stadion Mattoanging mulai proses tender dini. Saat ini pengumuman tender Stadion Mattoanging sudah tayang di SPSE Biro PBJ oleh Pokja UKPBJ. Kami persilahkan bagi perusahaan yang ingin mendaftarkan diri, segera memenuhi persyaratan yang ada. Batas pendaftaran peserta lelang paling lambat 8 januari 2022 pukul 16.00 WITA,” ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sulsel, Andi Arwin Azis di Makassar.

Arwin mengakui, tender dini sedikit mengalami keterlambatan. Penyebabnya adalah adanya perubahan aturan, dari sebelumnya berpedoman Perpres 16 Tahun 2018, tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah menjadi Perpres 12 Tahun 2021. Pada Perpres sebelumnya kata Arwin, salah satu persyaratan melaksanakan tender dini. Yaitu setelah DPRD dan Kepala Daerah menyepakati KUA-PPAS untuk tahun anggaran 2022.

“Sementara di Perpres baru, tender dini baru bisa kita lakukan bukan hanya saat kesepakatan bersama KUA-PPAS. Tapi mulai setelah pembahasan dan persetujuan bersama DPRD dan Kepala Daerah. Artinya setelah ada penetapan APBD, baru kemudian boleh melakukan proses tender dini. Itu yang membuat tender dini baru kita laksanakan prosesnya di awal Desember,” jelasnya.

Gerak Cepat

Pihaknya pun dengan gerak cepat, menyiapkan dokumen dan melakukan review dokumen dan probity advice bersama LKPP. Inspektorat (APIP), BPKP serta dari Pokja Biro PBJ. Meski tender dini terlaksana di akhir Desember, Arwin memastikan prosesnya akan cepat. Sebab, pelaksanaan tender dini dan tender konvensional berbeda.

“Terutama dari tahapan dan kelengkapan dokumen Tender dini itu cenderung cepat prosesnya. Ketimbang tender konvensional di tahun anggaran berkenaan. Jadi kita berharap, pemenang segera kita tetapkan lalu kemudian sudah mulai bekerja,” bebernya.

Sebagai catatan, lanjutnya, pembangunan Stadion Mattoanging nantinya. Akan menggunakan metode Konstruksi Terintegrasi Rancang Dan Bangun (Design And Build).

Ia berharap, ini menjadi awal yang baik untuk selanjutnya bisa berjalan lancar. Dengan demikian, harapan stakeholder olahraga terutama pecinta sepakbola di Sulawedi Selatan bisa segera terwujud.

“InsyaAllah tahapan ini akan terus berlanjut sampai mulainya pekerjaan konstruksi nanti,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button