MetroNews
Trending

Banjir Prestasi, Kowal di Makassar Berhasil Mendobrak Mitos Tentang Perempuan

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Memilih jadi wanita karier bagi sebagian perempuan adalah sesuatu hal yang berat. Belum lagi stigma sosial yang mendekatkan perempuan dengan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga kadang jadi penghalang dalam memulai sesuatu. Namun di mata Lusy, Kowal Lantamal VI, itu hanya sebuah mitos.

Anggota Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) di Makassar yang berdinas di Lembaga Kedokteran Gigi TNI AL Yos Sudarso (Ladokgi Yos Sudarso) Makassar ini justru menoreh sejumlah prestasi. Selain menjadi anggota militer, dirinya juga berkarier sebagai dokter gigi.

Bahkan Mayor Laut, drg. Lusy Damayanti SpKGA pada bulan Juni 2021 lalu berhasil meraih gelar Doktornya di Ilmu Kesehatan Masyarakat, FKM Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dengan IPK Cumlaude 3,99. Berhasil menjadi Wisudawati Terbaik Unhas Periode II 2021.

Baca Juga: Pangkoarmada II Resmikan Renovasi Mess Perwira Fatahilah Lantamal VI

Bahkan, dirinya termasuk anggota TNI dokter gigi Kowal yang pertama meraih gelar Doktor se-Indonesia di bidang ilmu tersebut.

Menurutnya, perempuan bisa melakukan semua hal. Bukan hanya mengurus rumah tangga tapi juga bisa melaksanakan di luar daripada itu.

“Dalam diri saya selau tanamkan yang namanya prinsip hidup. Jadi setiap tugas yang kita kerjakan, apapun itu lakukan yang terbaik, totalitas, agar hasilnya juga baik,” kata drg. Lusy sapaannya.

Baca Juga: Lantamal VI dan PIP Makassar Berkolabarasi Bersih Pantai Di Tengah Cuaca Ekstrem

Lusy menceritakan, sebelum masuk militer, dirinya sempat berkeinginan untuk jadi dokter gigi. Untuk itulah ia kemudian masuk kuliah di FKG Unhas Makassar dengan mengambil jurusan Kedokteran Gigi.

Namun, sekitar tahun 1996 kesempatan untuk masuk bergabung dengan TNI terbuka melalui program Mahasiswa Beasiswa ABRI

Kala itu, kesempatan untuk bergabung dengan TNI dengan jalur pretasi atau jalur beasiswa.

“Waktu itu di kampus ada terbuka penerimaan beasiswa ABRI tahun 1996, saya masih koas waktu itu. Saya kemudian ikut dan Alhamdulillah lulus lewat jalur beasiswa itu,” sebutnya.

Baca Juga: Tari Paduppa dan Tradisi Anggaru Sambut Pangkoarmada II di Mako Lantamal VI Makassar

Di sela-sela kesibukannya sebagai anggota TNI, drinya juga merupakan seorang ibu rumah tangga (IRT). Tanggung jawab di rumah dengan merawat dan mendidik dua orang anaknya adalah prioritas.

“Jadi meski berkarier, saya juga sebagai ibu rumah tangga. Saya punya anak dua, yang satu sudah kuliah di Unhas Makassar, yang satu masih SMP,” sebutnya.

Membagi waktu antara rumah dengan pekerjaan kata drg Lusy bisa teratasi dengan manajemen waktu yang baik. Bahkan, dalam berkarier support dari keluarga menjadi salah satu pendorong yang sangat kuat untuk terus berkarier ke depan.

“Suami dengan anak-anak sangat support. Saya itu hanya khawatir ketika ada keluarga yang sakit. Itu saja tantangannya selama ini, sebab kalau ada keluarga yang sakit kadang kepikiran jadinya juga kurang fokus,” ungkapnya.

Baca Juga: Pangkoarmada II Tinjau Donor Darah dan Vaksinasi Diskes Lantamal VI

Atas dasar itulah dirinya berhasil membawa nama baik TNI ke kancah internasional. Pada tahun 2017, dirinya berangkat ke Madrid, Spanyol untuk presentasi tulisan hasil riset Kedokteran Gigi Anak pada acara Pertemuan dokter gigi militer se-Dunia (Section Defence of Forces Dental Services).

Tak berhenti sampai di situ, pada tahun 2019 lalu dirinya kembali terpilih dan berangkat ke Kamboja mewakili TNI membawa nama Negara Indonesia pada acara Asean Chiefs Military Medicine dan berhasil sebagai Presentasi Terbaik ASEAN

“Tahun 2019 itu Tulisan Saya terpilih dan Materi presentase saya terkait penanganan bencana oleh militer. Saya bawakan tentang “Mental Health Dissaster Among Soldier on duty, a review of Palu Earthquake” sebut drg Lusy yang juga drg Spesialis Kedokteran Gigi Anak.

Baca Juga: Lantamal VI Gelar Doa Bersama Jelang Pergantian Tahun 2021 Menuju 2022

Olehnya itu, drg. Lusy berpesan untuk semua perempuan agar tidak hanya berpangku tangan. Tetapi bangkit melakukan hal-hal yang bisa mendobrak dan membawa lebih maju lagi ke depan dan bermanfaat bagi banyak orang.

Hal inilah yang mendasari drg. Lusy akhirnya terpilih sebagai Kowal Berprestasi wilayah Makassar dalam rangka HUT Kowal ke 59 tanggal 5 Januari 2022

“Jangan kita tinggal di tempat, tapi terus maju, tak boleh ketinggalan dalam segala hal utamanya pendidikan. Caranya terus update Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, tidak ada batas usia untuk meraih ilmu. Saya sebagai ibu, TNI, juga dokter gigi anak, berusaha srlaraskan peran saya sebagai prajurit TNI AL, sebagai Ibu dan Istri dan sebagai fungsi dokter gigi anak. Dirgahayu Korps Wanita TNI Angkatan Laut Pengabdian dan Kehormatan adalah Jiwaku. Semangat, Tangguh, Wujudkan Indonesia Tumbuh Indonesia Tangguh,” kuncinya seraya berharap bisa memberikan motivasi dan inspirasi bagi wanita lainnya. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button