MetroNews
Trending

Riuh, Tersiar Kabar Pemkot Makassar Umumkan Laskar Pelangi

Peserta Ujian 15.000 Diterima 12.500

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Kabar Pemerintah kota (Pemkot) Makassar, akan umumkan hasil tes pegawai Laskar Pelangi sudah tersiar hingga grup-grup WhatsApp, menjadi riuh. Bahkan kabar yang tersiar menyebut akan ada pengumuman, Senin 10 Januari 2022. Benarkah?

Meski belum ada keputusan resmi karena validitas data sering dipertanyakan sering berubah-rubah. Sehingga prosesnya tidak sesuai jadwal.

Pihak Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Makassar pun belum mengeluarkan tanggal resmi pengumuman.

Namun, mengacu pada keterangan Kepala BKPSDM Makassar, Siswanta Attas, pada Rabu 5 Januari 2022 lalu. Ia menyebut pihaknya akan mengumumkan pekan depan. Dari pernyataan itu, peserta menunggu pengumuman pada Senin 10 Januari 2022.

Ia menjelaskan, pengumuman hasil seleksi laskar pelangi ini terlambat. Karena sebelumnya ada lelang jabatan. Sehingga pihaknya harus fokus dulu menyelesaikan lelang jabatan.

“Kita terlambat karena banyak kerjaan. Baru-baru sudah lelang jabatan dan ini juga kita kebut untuk umumkan secepatnya,” jelasnya.

Menurutnya, dengan adanya tenaga Laskar Pelangi akan menutupi kebutuhan pegawai di wilayah Pemerintah Kota Makassar.

Sebagai informasi, pendaftar Laskar Lelangi Kota Makassar sebanyak 15.000. Terdiri dari 12.000 pegawai lama dan 3.000 pendaftar baru.

Sebelumnya, Kepala Bidang Kepegawaian dan Informasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Makassar, Muh Ilham Rasul mengatakan berdasarkan laporan Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortala), kebutuhan pegawai di lingkup Pemkot Makassar mencapai 23 ribu orang.

Hanya 12.500 Tambahan Pegawai

Saat ini, sudah ada sebanyak 10.500 pegawai yang terdiri dari PNS dan PPPK, sehingga kuota penerimaan kurang lebih hanya sebanyak 12.500 pegawai.

“Sesuai dengan hitungan Ortala, ada 23 ribu jumlah pegawai (kebutuhan), sekarang 10.500-an PNS dan PPPK. Tenaga sourcing di kecamatan itu 12 ribu, jadi kalau kita hitung-hitung itu sebenarnya seimbang dengan kebutuhan pagawainyakan, hanya 10.500 (ASN dan PPPK). Sementara jumlah kebutuhan pegawai itu sampai 22-23 ribu,” katanya.

Sehingga dia memastikan masih ada ribuan pendaftar Laskar Pelangi yang tak akan lolos seleksi. Tak hanya dari pendaftar baru, tapi juga dari pendaftar lama.

“Sementara kita masih tahap penilaian sekarang, jadi kemungkinan ada yang tidak lulus. Yang baru begitu ada yang tidak lulus, yang lama juga begitu. Minggu inilah kita usahakan bisa rampung semua (pengumuman),” urainya.

Di tengah persiapan pengumuman, kalangan pegawai lama banyak yang gusar. Isu validasi data yang tidak akurat hingga jadwal tidak konsisten merebak.

Para peserta berharap agar seleksi betul-betul murni. Tidak ada percaloan yang memanfaatkan kedekatan dengan Wali Kota, Wakil Wali Kota, dan Kepala BKPSDM Kota Makassar.

Gaji Tenaga Honorer

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) sebelumnya disebut-sebut telah menaikkan gaji tenaga honorer lingkup Pemkot Makassar.

Nominal insentifnya berada pada Rp2,3 juta hingga Rp3 juta per bulan. (#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button