NasionalNewsPariwisataSulsel
Trending

BPPD Sulsel-ITDC Joint Promotion Destinasi Wisata Sulawesi Selatan & MotoGP

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bekerja ama mempromosikan MotoGP dan destinasi wisata Sulsel. Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kedua pihak di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Selasa, 11 Januari 2022.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Plt. Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyaksikan langsung penandatanganan kedua pihak. Kerja sama joint promotion kedua pihak terkait bidang pariwisata.

Dalam hal ini, Sulsel akan mempromosikan MotoGP dan Sulsel akan berpromosi pariwisata di Mandalika. Serta pengembangan pariwisata ke depannya.

“Ruang lingkup kerjasama ini terkait destinasi wisata Sulsel di Mandalika dan kita di Sulsel mempromosikan MotoGP,” kata Ketua BPPD Sulsel, Andry Arief Bulu.

Baca Juga: Kereta Api Rute Makassar-Parepare, Kepala BPKA Sulsel: Terbukanya Lapangan Kerja dan Sumber PAD Baru

Dengan kesepahaman ini, maka langkah selanjutnya adalah membuka penerbangan langsung (direct flight) Makassar-Lombok. Serta akomodasi termasuk perhotelan untuk mengakomodir tim MotoGP, wisatawan. Atau penonton yang ingin berwisata ke Sulsel, baik pra atau pasca pelaksanaan event internasional tersebut.

“Karena animo masyarakat menonton MotoGP sudah mencapai 100 ribu orang dan merupakan jumlah yang besar untuk ditampung di Lombok. Jadi akan sampai ke Bali dan Mataram serta daerah terdekat di luar Jawa-Bali, itu di Sulsel,” ungkapnya.

Adapun jumlah targetnya sekitar 4.000-5.000 orang yang akan ke Sulsel

Sementara, Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC, Arie Prasetyo, menyebutkan, pengembangan kawasan Mandalika harus melibatkan berbagai pihak. Termasuk Provinsi Sulsel.

“Kami yakin bahwa mengembangkan Mandalika tidak bisa sendiri. Sehingga kami sangat welcome dan terbuka untuk betul-betul bekerjasama joint promotion. Jadi orang Lombok bisa ke Makassar dan sebaliknya orang Makassar bisa ke Lombok,” harapnya.

“Kami yakin fan base motoGP banyak juga di Makassar,” tambahnya.

Baca Juga: Qatar Incar Investasi Pariwisata dan Energi Indonesia

Ia meyakini, MoU tersebut sebagai langkah awal untuk menindaklanjuti rencana yang disepakati, serta upaya pengembangan pariwisata di Sulsel dengan potensi yang ada. Seperti yang harapan Menparekraf agar ITDC juga dapat mengembangkan pariwisata di Sulsel. Berdampak pada pertumbuhan ekonomi, dan membuka lapangan pekerjaan.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyambut baik pelaksanaan MotoGP Mandalika sebagai bentuk pemulihan ekonomi nasional. Sulsel sebagai pintu gerbang Indonesia timur harus ikut mengambil bagian dalam penyelenggaraan event ini, karena dapat menjadi salah satu pemikat bagi wisatawan mancanegara dan Nusantara.

“Kami Sulsel harus meminta arahan nasional termasuk kepada Kementerian Pariwisata, tentu kepada ITDC tentang apa kontribusi yang dapat kami lakukan untuk ambil bagian dalam peningkatan dan pemulihan ekonomi,” ujarnya.

Dari MoU ini, kemudian mempersiapkan segala bentuk kerjasama. Baik itu terbukanya direct flight Lombok – Makassar, promosi, maupun keterlibatan Sulsel dalam penyelenggaraan event MotoGP Mandalika di Bulan Maret 2022 mendatang. Terbukanya rute penerbangan tersebut, maka dapat tercipta Segitiga Emas Pariwisata yakni Bali-Toraja-Lombok.

“Dengan adanya segi tiga emas ini, termasuk mensupport event MotoGP nantinya,” kata Andi Sudirman. (hm/ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button