EkonomiMetroNews
Trending

Jaga Inflasi, TPID Kota Makassar Sidak Pasar

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Makassar melakukan inspeksi mendadak ke pasar memantau harga dan stok. Pemantauan itu, untuk menjaga inflasi di Kota Makassar tetap terjaga.

Pasar Terong Makassar, salah satu sasaran TPID yang terdiri dari Disperindag Kota Makassar, Dinas Ketahanan Pangan. Di pasar itu, TPID mengecek harga dan pasokan bahan pokok pada Rabu (19/01).

Baca Juga: Minyak Goreng Satu Harga Rp14 Ribu per Liter Mulai 19 Januari 2022

Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar Arlin Ariesta, mengatakan pemantauan stok pangan maupun harga pangan di pasar-pasar tradisional. Kegiatan itu, kata dia, dalam rangka menjaga stabilisasi harga dan pasokan pangan pokok strategis. Baik di tingkat produsen, grosir, maupun pengecer.

“Ini adalah kegiatan rutin kita lakukan terkait dengan kenaikan harga bahan pokok dan bahan penting. Dalam rangka menjaga stabilitas harga bahan pokok di pasar-pasar. Apalagi akhir- akhir ini setelah kuartal ke tiga dari tahun 2021 banyak bahan pokok mengalami fluktuasi harga,” jarnya di sela-sela kegiatan.

Dari kondisi itu, TPID Kota Makassar melakukan langkah pemantauan secara berkala.

Baca Juga: Pemerintah Isyaratkan Tarif Listrik Non Subsidi Bakal Naik Tahun Ini

“Ada beberapa tim yang turun hari ini. Yakni, Dinas Ketahanan Pangan, bagian perekonomian Daerah dan Tim Pengendali Inflasi. Selanjutnya dari hasil pemantauan hari ini akan-dilaporkan dan-dianalisa apa yang-ditemukan di lapangan untuk membuat skema kebijakan,” tuturnya.

Dari hasil pantauan itu, komoditas yang harganya masih cukup tinggi adalah ayam potong dan minyak goreng.

Baca Juga: Makassar Masuk Nominasi TPID Award 2021 Khusus di Wilayah Sulawesi

“Nah, inilah yang akan kita lihat skema kebijakan subsidi yang-digelontorkan pemerintah pusat. Sangkutannya mengenai harga tinggi itu, terkait dengan bagaimana produksinya. Distribusinya penettapan harganya. Untuk distribusi kami akan coba lakukan koordinasi dengan semua pihak. Termasuk kepolisian untuk memantau atau mengecek di mana alurnya yang ,” pungkasnya. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button