EkonomiNewsSulsel
Trending

Bupati Gowa Dukung Kebijakan Pusat Akomodir 40 Persen Produk UMKM Masuk LKPP

GOWA, NEWSURBAN.ID – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mendukung langkah Pemerintah Pusat untuk mengakomodir 40 persen produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) masuk dalam E-Katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Adnan menyampaikan hal ini, usai mengikuti Rapat Kerja dan Evaluasi Program Strategis Pemerintah Kementerian Dalam Negeri bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).  dan LKPP RI di Peace Room A’Kio, Kantor Bupati Gowa secara virtual, Senin (24/1).

“Kalau itu bisa berjalan dengan baik, saya pikir itu sangat bagus dan itu bisa mendorong produk-produk UMKM lokal kita untuk bisa berkembang. Yang tentunya berujung pada penyerapan tenaga kerja, sehingga bisa menekan angka pengangguran dan angka kemiskinan,” ungkap Adnan.

Baca Juga: Seleksi Terbuka Jabatan Sekda Gowa Diperpanjang Hingga 26 Januari

Lanjut Adnan, selama ini Presiden Jokowi telah menekankan kecintaan terhadap produk-produk dalam negeri. Semakin banyak produk dalam negeri yang diakomodir maka akan berpotensi terjadi pembelian produk dalam negeri yang ada di seluruh kabupaten/kota.

Orang nomor satu di Gowa ini juga mengatakan dengan kebijakan ini akan membantu pemerintah daerah. Menurutnya pemerintah daerah tidak perlulah lagi melakukan pembelanjaan barang dan jasa di luar yang tentu membutuhkan biaya tambahan.

“Misalnya ada pengadaan meja dan bangku untuk SD dan SMP, misalnya selama ini kan mungkin penyediaannya adanya Jakarta, kirim ke sini. Kenapa tidak penyedia kursi bangku ini mengakomodir lokal Kabupaten Gowa yang masuk dalam LKPP. Sehingga pada saat pembelanjaan barang dan jasanya tidak perlu ke Jakarta, cukup di sini saja. Pasti akan lebih murah karena memiliki uang transport dan pembiayaan-pembiayaan operasional lainnya,” lanjutnya.

Baca Juga: Pemkab Gowa Siap Berkolaborasi dengan Program Sekolah Penggerak Kemendikbudristek

Dari hasil pemaparan Kepala LKPP, Azwar Anas, Adnan mengungkapkan potensi pembelanjaan dalam negeri Indonesia selama ini sekitar Rp.1.200 triliun. Namun yang mampu terealisasi di UMKM baru sekitar Rp.74 miliar. Olehnya itu, Adnan berharap kedepan ini bisa dioptimalkan.

“Kalau ini sudah bisa berjalan dengan baik lalu kemudian serapan anggarannya bisa lebih tinggi dari Rp.74 miliar, dia naik 100 persen bahkan 1.000 persen. Kalau bisa di tambah lagi jangan cuman 40 persen kalau bisa-ditambah menjadi 50 bahkan menjadi 60 persen,” tandasnya.

Selain itu, Sekjen Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ini juga menyambut baik proses digitalisasi pengadaan barang dan jasa yang di lakukan oleh LKPP. Menurutnya tentu ini akan menutup ruang-ruang terjadinya tindak pidana korupsi.

Baca Juga: Bupati Adnan Dukung Rencana Pembangunan Fakultas Kedokteran Unismuh Makassar di Gowa

“Semakin banyak pembelanjaan yang bersifat online ya semakin menutup ruang untuk kita ketemu. Sehingga, semakin kecil ruang-ruang negoisasi antara penyedia barang dan jasa dan juga pelaksanaan,” tambahnya.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Carnavian dalam arahannya juga mendorong seluruh kepala daerah. Untuk menyusun e-katalog di daerah masing-masing.

“Teman-teman kepala daerah harus bergerak bersama-sama untuk menyusun e-katalog di daerah masing-masing. Sehingga bisa membuat produk-produk kita semakin banyak di kenal,” ungkapnya.

Baca Juga: Ratusan Mahasiswa Muhammadiyah dan Aisyiyah Dari Berbagai Universitas di Indonesia Akan KKN di Gowa

Raker dan Evaluasi Program Strategis Pemerintah Daerah ini Bupati Gowa di dampingi oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa, H Rafiuddin.

Turut hadir sebagai pembicara Ketua KPK RI, Komjen. Pol. Drs. Firli Bahuri, M.Si dan Kepala LKPP, Azwar Anas. (jn/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button