EkonomiNewsSulsel
Trending

Pemprov Sulsel Masih Fokus Pemulihan Ekonomi Sampai Tahun 2023

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Perencanaan pembangunan di Sulawesi Selatan (Sulsel) pada tahun 2023 mendatang, masih fokus pada pemulihan kehidupan masyarakat dan roda perekonomian. Hal ini dibahas dalam Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sulsel Tahun 2023. Saat dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani, di Hotel Four Points by Sheraton, Selasa (25/01/2022).

Dalam arahannya, Abdul Hayat mengatakan, konsultasi publik ini menjadi momentum yang sangat strategis. Sebagai rangkaian tahapan yang tidak terpisahkan dari tahapan penyusunan RKPD Provinsi Sulsel Tahun 2023. Di mana, pada tahun ini periode akhir RPJMD Provinsi Sulsel Tahun 2023.

Ia menjelaskan, pembangunan daerah tahun 2023 meliputi, pemantapan kesejahteraan melalui pembangunan manusia yang produktif dan berkarakter dengan prioritas pembangunan nasional. Seperti Perbaikan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik.

Baca juga: YBSMU-BSI Selenggarakan Pelatihan dan Penguatan Ekonomi, Keluarga Terdampak Covid-19

Bahkan, penguatan infrastruktur wilayah, pengembangan kawasan pusat pertumbuhan, penurunan kesenjangan sosial ekonomi, pembangunan manusia, pemberdayaan ekonomi kerakyatan melalui hilirisasi komoditas dan pelestarian lingkungan hidup.

Untuk mendukung hal tersebut, Pemprov Sulsel mendorong peningkatan kapasitas fiskal daerah dan eksistensifikasi sumber-sumber penerimaan daerah. Melalui optimalisasi pemanfaatan potensi aset yang ada.

“Untuk itu, prioritas perencanaan pembangunan tahun 2023 harus menitikberatkan pada target-target yang belum tercapai,” tegas Abdul Hayat.

Baca juga: Ketua PPM Sulsel Dorong Pemuda Aktif Berinovasi Untuk Pemulihan Ekonomi

Melalui forum tersebut, Abdul Hayat berharap, partisipasi semua pihak untuk memberikan tanggapan, masukan dan saran. uUntuk menghasilkan dokumen perencanaan yang lebih berkualitas.

“Kepada stakeholder yang hadir, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk dapat melakukan formulasi kebijakan dan strategi untuk menggenjot target-target yang belum tercapai,” pesannya.

Ia berharap, pelaksanaan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Provinsi Sulsel Tahun 2023 ini menjadi momen yang tepat dalam rangka mewujudkan visi misi Gubernur Sulsel. Yakni Inovatif, Produktif, Kompetitif, Inklusif, dan Berkarakter.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Sulsel, Perwakilan BPKP, Asisten dan Staf Ahli Pemprov Sulsel, Kepala OPD Lingkup Pemprov Sulsel. Hadir pula Kepala Bappeda/Bappelitbangda Kabupaten/Kota se-Sulsel, TGUPP, hingga tokoh masyarakat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button