NasionalNewsSulsel
Trending

Bappenas Apresiasi Pemprov Sulsel Atas Inisiatif dalam Kelengkapan Dokumen Sistem Digital PPD

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas mengapresiasi kepada empat Provinsi di Indonesia yang berinisiatif telah mengupload dokumen perencanaan ke sistem digital PPD (Penghargaan Pembangunan Daerah). Salah satunya adalah Provinsi Sulawesi Selatan.

Direktur Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Daerah, Agustin Arry Yanna mengungkapkan hal tersebut pada sosialisasi provinsi terkait penghargaan pembangunan daerah PPD tahun 2022, Rabu (26/1).

Untuk di ketahui, PPD ( Penghargaan Pembangunan Daerah ) adalah penghargaan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah. Yang menunjukkan prestasi dalam perencanaan, pelaksanaan, pencapaian dan inovasi pembangunan daerah. Apresiasi ini, untuk daerah terbaik penerima PPD berupa piala dan piagam pembangunan.

Dari empat daerah tersebut, selain Sulsel, tiga diantaranya dari Pulau Sumatera, yakni Sumatera Barat, Riau, dan Lampung.

“Kami memberikan apresiasi buat empat provinsi yang berinisiatif telah mengupload dokumen perencanaan ke sistem digital PPD. Bahkan, sebelum sosialisasi PPD 2022 untuk tingkat provinsi. Yakni Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Riau, dan Lampung,” ungkapnya.

Bagi Pemerintah Daerah, manfaat PPD ini akan memberikan motivasi dan pembelajaran untuk pembangunan daerah yang lebih berkualitas. Adapun tahap penilaian, di antaranya penilaian dokumen RKPD dan Inovasi (bobot 30%), presentasi dan wawancara (bobot 25%), dan verifikasi (bobot 45%).

Sementara itu, Kepala Bappelitbangda Sulsel, Andi Darmawan Bintang menyampaikan, bahwa apresiasi ini pun-didapatkan tidak terlepas dari arahan dari Plt. Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

“Alhamdulillah, kita sudah mengupload kebutuhan dokumen untuk PPD 2022 atas RKPD tahun 2021 sebelum sosialisasi yang-diselenggarakan oleh Bappenas,” ungkapnya, Kamis (27/1/2022).

Ia berharap, hal ini menjadi semangat dan bisa menjadi nilai tambahan bagi Pemprov Sulsel. Apalagi Pemprov Sulsel terus berupaya dalam melakukan pembangunan yang lebih baik demi kemaslahan untuk masyarakat banyak.

“Penghargaan pembangunan daerah atau BPD merupakan evaluasi kreatif terhadap perencanaan dan pencapaian yang-diselenggarakan oleh kementerian PPN/Bappenas setiap tahun. Evaluasi pembangunan daerah ini-diharapkan dapat memotivasi daerah untuk merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembangunan lebih baik lagi,” tuturnya. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button