KesehatanNewsNusantaraSulsel

Bupati Adnan Dorong Percepatan Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun

Imbau Hingga ke Tingkat Desa dan Kelurahan

GOWA, NEWSURBAN.ID — Percepatan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia sekolah atau umur 6 – 11 tahun menjadi perhatian Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

Hal itu dilakukan mengingat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menargetkan capaian vaksinasi tuntas 100 persen pada Februari 2022 mendatang.  Untuk dosis kedua pada Maret mendatang. Target ini pula sesuai dengan target pemerintah pusat.

Hal ini diungkapkan Bupati Adnan saat memimpin rapat koordinasi percepatan vaksinasi Covid-19 anak usia sekolah secara virtual, Jum’at (28/01/22).

Ia menegaskan, seluruh pihak mulai dari tingkat kecamatan, desa dan lurah. Hingga kepala sekolah memiliki peran penting dalam vaksinasi bagi anak ini. Menurutnya, edukasi vaksinasi terhadap anak masih kurang sehingga masih banyak yang percaya dengan pemberitaan negatif yang beredar.

Baca juga: Pemkab Gowa Berkolaborasi Polda Sulsel Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

“Kita tidak menampik beberapa orang tua menolak anaknya untuk di vaksin. Ini tentu karena kurangnya edukasi dan banyaknya kabar yang tidak bisa dipertanggungjawabkan yang beredar. Sehingga melalui rakor ini seluruh pihak harus ikut serta dalam memberikan edukasi pentingnya vaksinasi tersebut,” tegas Bupati Adnan.

Adnan menjelaskan, tujuan dari vaksinasi ini sangat jelas yakni membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity bagi anak. Terlebih saat ini pembelajaran tatap muka telah dilakukan.

“Vaksin ini untuk melindungi anak-anak kita dari penularan Covid-19. Ini sama halnya dengan imunisasi, yakni memperkuat imun anak-anak kita untuk melawan Covid-19. Kenapa anak usia sekolah butuh di vaksin? karena kita saat ini telah memulai pembelajaran tatap muka, sehingga vaksinasi ini kita harapkan bisa meminimalisir penularan di sekolah,” jelas orang nomor satu di Gowa ini.

Baca juga: Wabup Gowa Tinjau Vaksinasi Covid-19 Kerjasama Kelurahan Lembang Parang dan Polda Sulsel

Lebih lanjut, Adnan memaparkan jenis vaksin Covid-19 bagi anak yaitu Sinovac (Coronavac). Dengan dosis 0.5 ml intramuskular di bagian lengan sebanyak 2 kali dengan jarak antar dosis 4 minggu serta di dampingi orangtua.

Olehnya ia mengajak seluruh masyarakat khususnya orang tua murid untuk mengikutsertakan anaknya melakukan vaksinasi, apalagi ini merupakan rekomendasi dari para ahli salah satunya Ikatan Dokter Anak Indonesia.

“Ayo, bapak dan ibu yang anaknya sudah sekolah atau usia 6 tahun ke atas untuk mengikut sertakan buah hatinya pada program vaksinasi di sekolah masing-masing. Atau tempat-tempat lain yang mendukung vaksinasi anak usia sekolah, karena vaksinasi ini tentu dengan rekomendasi dari para ahli,” imbaunya.

Rapat Koordinasi ikut Unsur Forkopimda Kabupaten Gowa, para Pimpinan SKPD, Camat, Lurah, Kepala Desa, Kepala Sekolah, Kepala Puskesmas, Korwil dan Pengawas Sekolah Se-Kabupaten Gowa. (NH/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button