NasionalNewsSulsel
Trending

Dorong Inovasi Layanan Publik, Wapres Apresiasi Pemprov Sulsel

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin mengakui, bahwa Provinsi Sulawesi Selatan terus memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam menghadirkan layanan publik.

Wapres menyampaikan apresiasi itu, saat memimpin Rapat Sosialisasi Mal Pelayanan Publik dan Pemberdayaan UMKM di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Senin (31/1).

“Provinsi Sulsel sejauh ini telah mencapai banyak kemajuan dalam bidang pelayanan-publik. Kita mengapresiasi berbagai inovasi pelayanan publik yang telah-dilakukan,” ujarnya.

Salah satu di antaranya inovasi GESIT-19 (Gerai Perizinan Sektor Kelautan dan Perikanan) oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulsel.

Apalagi inovasi ini, juga masuk Top 99 dan Top 45 dalam KIPP Tingkat Nasional Tahun 2021. Serta inovasi lainnya, seperti Kota Palopo dengan Inovasi MABASSA di Dinas PMPTSP, Kabupaten Gowa dengan inovasi Sahabat LAPOR.

Wapres pun meminta agar seluruh kepala daerah di wilayah Sulsel terus berupaya meningkatkan standar kualitas pelayanan-publik yang dimiliki.

“Ini harus terus kita tingkatkan agar menjadi ‘baik’. Saya berharap hal ini menjadi perhatian serius para Kepala Daerah,” tegas Ma’ruf Amin.

Dengan kualitas pelayanan publik yang baik, kata Ma’ruf Amin, maka akan menghindari terjadinya pungutan liar (pungli), sehingga dapat meningkatkan kepuasan masyarakat dan kepercayaan investor.

Di samping itu, kata Wapres, layanan publik yang berkualitas merupakan mandat Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Bahwa pemerintah bertanggung jawab penuh dalam pemberian pelayanan-publik yang berkualitas. Baik layanan administrasi, jasa publik, maupun barang publik.

“Birokrasi yang berkualitas dan profesional (juga) adalah kunci untuk memajukan kesejahteraan umum,” imbuhnya.

Lebih jauh, Wapres menuturkan bahwa layanan publik yang prima akan memengaruhi persepsi kepercayaan dan kepuasan masyarakat kepada pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

Diberbagai kesempatan, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman selalu menekankan OPD Lingkup Pemprov Sulsel serta Bupati/Walikota se Sulsel untuk senantiasa dalam berinovasi.

“Kita terus mendorong dalam menghadirkan inovasi dalam meningkatkan pelayanan masyarakat. Yang akan menimbulkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah,” pungkas Andi Sudirman Sulaiman. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button