Bupati Adnan Nilai Predikat WTP Diraih Melalui Pengelolaan Keuangan yang Transparan

GOWA, NEWSURBAN.ID ā€” Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menilai pemerintahan mampu meraih predikat WTP (opini Wajar Tanpa Pengecualian) jika didorong oleh peran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melalui pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan hal itu, saat menerima kunjungan kerja Kepala Perwakilan BPK-RI Provinsi Sulawesi Selatan, Paula Henry Simatupang di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Jumā€™at (4/2).

ā€œDengan adanya asistensi dan juga pengawasan BPK RI para pimpinan OPD yang ada, khususnya di Kabupaten Gowa ini bisa memperbaiki seluruh laporan-laporan yang ada. Sehingga pengelolaannya lebih akuntabel lebih terarah dan juga lebih transparan,ā€ katanya.

Baca Juga: Pemkab Gowa Optimalkan Kepesertaan dan Pelayanan JKN-KIS

Dengan mendorong pengelolaan seperti ini, ia pun berharap pada tahun-tahun berikutnya Pemerintah Kabupaten Gowa dapat kembali meraih WTP yang ke-10 kalinya. Sebab saat ini Pemkab Gowa tercatat telah berhasil meraih predikat opini WTP selama sembilan kali berturut-turut.

ā€œKarena itu tentu kami berharap semua kesalahan-kesalahan bisa tidak terulang kembali,ā€ harap Adnan.

Orang nomor satu di Gowa ini berharap Kabupaten Gowa bisa kembali mendapatkan WTP untuk yang ke-10. Olehnya dirinya meminta bimbingan dari BPK RI Perwakilan Sulawesi Selatan. Apalagi Kabupaten Gowa ini merupakan kabupaten terluas kedua dan kabupaten ketiga terbanyak penduduknya di Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Dorong Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun, TP PKK Gowa Siap Libatkan Seluruh Kader

ā€œKami juga berbangga bahwa Kabupaten Gowa ini memiliki 3 pahlawan nasional. Yaitu I Mallombassi Daeng Mattawang Sultan Hasanuddin, Tuanta Salamaka Syekh Yusuf. Yang menjadi pahlawan nasional di dua negara Indonesia dan Afrika Selatan. Dan yang terakhir adalah Karaeng Pattingalloang,ā€ tambahnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPK-RI Provinsi Sulawesi Selatan, Paula Henry Simatupang menyebutkan bahwa ada 12 strategi untuk mempertahankan dan mendapatkan WTP. Pertama kata kata Paula yaitu komitmen pimpinan entitas, antisipasi temuan baru di tahun berjalan.

Optimalisasi peran APIP, menindaklanjuti temuan dan rekomendasi, mengefektifkan SPI. menjaga kualitas pemahaman dan keahlian SDM. Dukungan regulasi, membuat rencana aksi, monitoring dan evaluasi, membentuk tim, dukungan IT dan dukungan anggaran.

Baca Juga: Pemkab Gowa Mulai Laksanakan Vaksinasi Booster

ā€œKita dapat memperoleh kembali WTP itu tergantung dari Bapak ibu. Kalau ada masalah yang terkait accounting treatment, perlakuan akuntansi-dicatat atau tidak, tanyakan kepada timnya. Karena kita gampang, standar Pemerintahan kita yang penting catat dulu, nilainya nanti kita koreksiā€ ungkapnya.

Kegiatan ini turut hadir Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina, para pimpinan OPD dan Camat Lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa. (jn/*)

ā†‘
Exit mobile version