Nelayan Sulsel Kini Bisa Tangkap Ikan di Perairan Maluku

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Neyalan Sulsel kini boleh melakukan penangkapan ikan di perairan Maluku. Hal itu, setelah Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melakukan penandatanganan Kerjasama bersama Pemerintah Provinsi Maluku tentang pengembangan empat sektor.

Salah satunya, dalam sektor kelautan dan perikanan. Kerjasama tersebut yang berlangsung pada acara Forum Bisnis dan Investor  Pemprov Maluku di Makassar, Sulsel, Sabtu 5 Februari 2022.

Plt Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Sulsel, Sulkaf S. Latief menyampaikan, kerjasama tersebut mengenai perjanjian nelayan andon. Nelayan andon kata dia, adalah yang melakukan penangkapan ikan di luar daerah asalnya, baik secara tetap maupun tidak dalam kurung waktu tertentu. Artinya, nelayan Sulsel dapat melakukan penangkapan di wilayah Maluku, serta sebaliknya.

Baca Juga: Pacu Ekspor Komoditas, Pemprov Sulsel & Maluku Saling Support

“Nelayan Andon artinya nelayan sulsel atau Maluku dapat melakukan penangkapan di luar wilayahnya dengan memenuhi aturan yang ada,” jelas Sulkaf, Minggu (6/2/2022).

Sementara itu, para nelayan mengaku bersyukur dan menyambut baik atas kerjasama kedua daerah tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Gubernur Sulawesi Selatan, bapak Andi Sudirman Sulaiman yang telah berhasil bekerjasama dengan Gubernur maluku demi kesejahteraan kami para nelayan,” kata Ketua Aliansi Nelayan Patorani, Rizal dg. Sewang.

Baca Juga: Jayadi Nas Wakili Gubernur di Forum Bisnis dan Investasi Maluku

Menurutnya, perjuangan Plt. Gubernur Sulawesi selatan merupakan bukti nyata kepedulian dan dukungan tanpa batas untuk mempercepat kesejahteraan nelayan.

“Kerja sama ini menjadi kepastian hukum sekaligus memberikan perlindungan bagi seluruh nelayan, termasuk kami dari Nelayan patorani yang akan memasuki wilayah maluku,” ujarnya.

Baca Juga: Danny Sambut Bahagia Pameran Kolaborasi Tenun Maluku dan Sutera Makassar

Dia menambahkan, kerjasama ini menjadi penanda terbukanya akses wilayah yang semakin luas bagi kami sebagai nelayan patorani. Untuk mencari sumber tangkapan ikan sebagai mata pencaharian di perairan maluku.

“Kami seluruh nelayan sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya dan mendoakan semoga Bapak Gubernur Andi Sudirman Sulaiman mendapatkan berkah berlimpah dan senantiasa dalam lindungan Allah Subahanahu Wa Ta’ala, Aamiin,” tambahnya. (cr/*)

↑
Exit mobile version