PKK Gowa Bentuk Kader Pro Sehat Kendali Covid-19

GOWA, NEWSURBAN.ID — Guna mendukung pencegahan Covid-19 serta mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 untuk mewujudkan herd immunity masyarakat, Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Gowa membentuk Kader Pro Sehat Kendali Covid-19.

Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK Kabupaten Gowa, Hj. Mussadiyah Rauf mengatakan pembentukan ini untuk menindaklanjuti arahan dari TP PKK Pusat. Dirinya menyebutkan sebanyak 50 Ketua TP PKK Desa dan Kelurahan di tunjuk menjadi Kader PKK Pro Sehat Kendali Covid-19.

“Kader PKK Pro Sehat Kendali Covid-19 akan membantu melakukan perubahan perilaku sehat pada masyarakat sesuai dengan standar protokol kesehatan,” ujarnya usai mengikuti Pembekalan dalam rangka Mendukung Pencegahan Covid-19. Serta Mendorong Percepatan Vaksinasi Covid-19 Untuk Mewujudkan Herd Immunity Masyarakat Indonesia secara virtual di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa, Selasa (8/2).

Baca Juga: Bupati Dukung Pembangunan Masjid Al Ghaffar Polres Gowa

Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, istri Wakil Bupati Gowa, H. Abd Rauf Malaganni ini menilai bahwa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di masyarakat. Yaitu perilaku hidup sehat sesuai dengan standar protokol kesehatan sangat dibutuhkan.

“Kader PKK Pro Sehat Kendali Covid-19 ini, kita harapkan dapat mensosialisasikan kepada masyarakat pentingnya disiplin terhadap protokol kesehatan. Dengan menerapkan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan,” harapnya.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Letjen TNI Suharyanto mengatakan perubahan perilaku masyarakat hingga saat ini masih menjadi pencegahan. Dari hulu yang paling efektif dan termudah untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Kerjasama yang kuat dari semua pihak, khususnya peran kader PKK dalam mendorong perubahan perilaku masyarakat tentu masih sangat di butuhkan. Perubahan perilaku merupakan upaya membangun normal sosial perilaku adaptif masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga: Pemkab Gowa Optimalkan Kepesertaan dan Pelayanan JKN-KIS

Lanjut, kelompok terkecil di masyarakat yang berperan penting dalam mendorong perubahan perilaku adalah keluarga. Olehnya setiap anggota keluarga khususnya ayah dan ibu di harapkan dapat manjadi teladan bagi anggota lain khususnya menjadi contoh dalam penerapan protokol Kesehatan.

“Bergabungnya PKK sebagai duta perubahan perilaku, kita harapkan dapat menjaga status kesehatan masyarakat. Dan membawa kita bersama menuju Indonesia bebas pandemi, Indonesia tangguh dan Indonesia tumbuh,” harapannya.

Selain itu dirinya berharap kepada seluruh kader PKK untuk tetap semangat. Dan, terus mendukung upaya pemerintah melakukan upaya penanganan Covid-19. Dirinya yakin, Indonesia adalah bangsa yang besar akan mampu melewati pandemi Covid-19 ini.

“Teruslah bersemangat mengedukasi masyarakat dengan bekal pengetahuan yang di terima pada pertemuan ini. Tetaplah optimis kita Indonesia sebagai bangsa yang besar akan mampu mengendalikan Covid-19 ini,” tandasnya.

Baca Juga: Dibangun Pangdam XIV Hasanuddin, Wabup Gowa Siap Bantu Pembangunan Masjid Nurul Hayati

Ketua IV Bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan TP PKK Pusat, Safriati Safrizal dalam laporannya mengatakan, 12.479 kader ikut dalam kegiatan pembekalan ini. Mereka merupakan kader-kader terbaik PKK di seluruh Indonesia dengan 50 orang setiap kabupaten/kota.

“Kegiatan ini merupakan program sinergitas Pokja 4 Bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan dan Bidang Perubahan Perilaku Satgas Nasional Covid-19. Kader PKK yang sudah di latih akan menjadi agent of change di daerah masing-masing,” tambahnya.

Pada kegiatan ini, hadir Sekretaris TP PKK Kabupaten Gowa, Adriana Djamaluddin, para pengurus TP PKK Kabupaten Gowa. Dan 50 orang perwakilan Ketua TP PKK Kecamatan, Kelurahan dan Desa Se-Kabupaten Gowa. (jn/*)

↑
Exit mobile version