Tekan Penularan Omicron, Bupati Adnan Dorong Percepatan Vaksinasi dan Penegakan Prokes

10 Warga Gowa Positif Covid-19

GOWA, NEWSURBAN.ID — Pemerintah (Pemkab) Kabupaten Gowa kembali mengingatkan seluruh jajaran dan masyarakatnya untuk segera melakukan percepatan vaksinasi dan penegakan protokol kesehatan.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengungkapkan hal itu,usai mengikuti Rapat Koordinasi bersama Presiden RI, Joko Widodo. Rakor berlangsung secara virtual di Peace Room A’Kio, Kantor Bupati Gowa, Senin (7/2).

Ia mengatakan, pertemuan virtual ini membahas terkait lonjakan kasus Covid-19 yang kembali terjadi akibat masuknya varian baru yakni Omicron di Indonesia. Lonjakan akibat varian baru tersebut pun-dinilai mengalami tingkat penularan empat kali lebih cepat dari varian Delta.

“Di Kabupaten Gowa sendiri saat ini tercatat 10 orang terkonfirmasi positif Covid-19,” katanya.

Baca Juga: Bupati Dukung Pembangunan Masjid Al Ghaffar Polres Gowa

Ia menegaskan, dalam menekan penularan Covid-19 yang saat ini kondisinya kembali meningkat adalah dengan mempercepat vaksinasi dan penegakkan protokol kesehatan.

“Kita tadi mengikuti arahan presiden terkait lonjakan kasus varian Omicron, sehingga kuncinya untuk terhindar dari penularan ini yaitu percepatan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Kendati demikian, meskipun penularan varian ini lebih cepat. Namun untuk tingkat keganasannya memang lebih rendah di bandingkan varian Delta ketika yang terkonfirmasi bagi yang tidak memiliki komorbid. Namun berbeda apabila memiliki penyakit komorbid atau penyerta.

Baca Juga: Pemkab Gowa Optimalkan Kepesertaan dan Pelayanan JKN-KIS

Olehnya ia berharap vaksinasi bisa segera tuntas sesuai target. Yakni 100 persen di Februari pada dosis pertama, dan 100 persen dosis kedua di Maret 2022. Dengan bekerjasama seluruh pihak mulai dari desa/kelurahan termasuk jajaran polres dan kodim.

“Khususnya percepatan vaksinasi bagi lansia dan usia anak 6-11 tahun. Khusus pada vaksinasi anak kita harap para orangtua mengizinkan anaknya untuk divaksin,” tambahnya.

Sementara Presiden RI, Joko Widodo pada arahannya menjelaskan, pemerintah daerah mulai tingkat provinsi kabupaten/kota harus siap dengan segala kemungkinan. Pasalnya kasus Indonesia terjadi lonjakan kasus sangat signifikan khususnya pada varian Omicron.

“Dua hal yang penting agar bisa meminimalisir penularan yaitu semua harus-ditunjang oleh vaksinasi dan protokol kesehatan perlu-ditingkatkan,” jelasnya.

Baca Juga: Dorong Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun, TP PKK Gowa Siap Libatkan Seluruh Kader

Pada kesempatan tersebut orang nomor satu di Indonesia itu menyebutkan. karakter pasien yang saat ini di rawat di RS secara nasional yaitu tanpa komorbid 93 persen, 7 persen dengan komorbid.

“Sebaiknya yang ringan dan tanpa gejala prioritaskan untuk isoman,sementara yang bergejala sedang, berat, kritis, komorbid dan lansia masukkan ke RS prioritas,” imbaunya.

Pada rapat virtual ini, Bupati Adnan turut di dampingi, Kapolres Gowa, AKBP Tri Gofaruddin, dan Dandim 1409 Gowa, Letkol Infanteri Prasetyo Ari Wibowo. (nh/*)

↑
Exit mobile version