Pemkab Gowa dan PDGI Sulselbar Gelar Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut

Rangkaian Peringatan HUT PDGI Ke-72

GOWA, NEWSURBAN.ID — Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Wilayah Sulawesi Selatan dan Barat bersama Pemerintah Kabupaten Gowa menggelar Bakti Sosial Kesehatan Gigi dan Mulut di SMPN 4 Sungguminasa, Rabu (16/2).

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun PDGI yang ke-72 ini berupa penyuluhan kesehatan gigi dan mulut. Serta pemeriksaan dan tindakan intervensi yang bersifat ringan.

Pembukaan yang berlangsung di Lapangan Upacara RTH Syekh Yusuf Discovery. Hadir langsung Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni.

“Tubuh yang sehat merupakan salah satu faktor penting untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Tetapi bukan hanya kesehatan tubuh saja yang penting untuk kita jaga. Kesehatan gigi dan mulut juga wajib kita perhatikan pada anak-anak maupun orang dewasa,” ujar Wakil Bupati Gowa di dalam sambutannya.

Menurutnya, mulut merupakan pintu gerbang masuknya bakteri atau kuman. Kesehatan gigi dan mulut seringkali tidak menjadi prioritas sebagian orang. Padahal kesehatan gigi dan mulut dapat mempengaruhi kualitas hidup, baik kesehatan umum maupun kehidupan sosial.

“Pada tahun 2018 Kementerian Kesehatan telah melakukan riset kesehatan dasar (riskesdas). Hasilnya proporsi masalah gigi dan mulut di Indonesia masih tergolong besar dengan tingkat persentase sebesar 57,6%. Hal ini perlu menjadi perhatian semua pihak,” terangnya.

Wakil Bupati Gowa dua periode ini juga menyampaikan bahwa di Kabupaten Gowa telah di lakukan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut bagi anak sekolah. Pemeriksaan di lakukan oleh dokter gigi yang bertugas di Puskesmas dan tergabung dalam tim Penjaringan anak sekolah dengan sasaran siswa dari TK hingga SMA, sekali dalam setahun.

“Dengan kegiatan ini, diharapkan ada peningkatan kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Semoga kita semua senantiasa mendapat bimbingan dan perlindungan dari Allah dan segala amal perbuatan kita bernilai ibadah di sisiNya,” pungkas Karaeng Kio’ sapaan akrabnya.

Baksos dan Penyuluhan

Pada kesempatan yang sama, Ketua PDGI Sulselbar, drg. Asdar Gani menerangkan bahwa bentuk baksos yang menyasar 375 orang siswa-siswi kelas VII SMPN 4 Sungguminasa ini berupa penyuluhan-kesehatan gigi dan mulut, serta pemeriksaan dan tindakan intervensi yang bersifat ringan.

“Kegiatan ini adalah bentuk pengabdian masyarakat yang rutin kita lakukan sebagai kewajiban profesi. Untuk merespons masalah kesehatan-gigi-dan-mulut yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Selain baksos kesehatan-gigi-dan-mulut, PDGI Sulselbar juga menyerahkan 100 eksemplar mushaf Al Qur’an. Untuk Rumah Tahfidz sebagai bentuk apresiasi PDGI kepada Pemkab Gowa yang sangat concern dengan pembinaan keagamaan.

Sementara itu, Ketua PDGI Cabang Gowa, drg. Kartika Malluserang menuturkan, kegiatan ini, dengan melibatkan dokter gigi anggota PDGI sewilayah Sulselbar sebagai pesertanya.

“Izinkan saya sebagai ketua PDGI Cabang Gowa untuk mengucapkan terima kasih kepada Pengurus Wilayah PDGI Sulselbar. Karena telah memilih Kabupaten Gowa sebagai tempat pelaksanaan kegiatan. Terima kasih yang sebesar-besarnya juga kami sampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Gowa yang telah memfasilitasi kegiatan sehingga hari ini dapat terlaksana dengan baik,” tutur Kartika.

Turut hadir pada kegiatan ini, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, H. Firdaus, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, Taufiq Mursad, dan sejumlah Ketua dan anggota PDGI Cabang di wilayah Sulselbar. (ps/*)

↑
Exit mobile version