Lantik 12 Pejabat Pemprov Sulteng, Gubernur Rusdy Mastura Tekankan Tiga Perintah

PALU, NEWSURBAN.ID — Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura melantik 12 pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemprov Sulawesi Tengah, Jumat 4 Maret 2022. Kepada 12 Pejabat Pemprov Sulteng tersebut, Gubernur menekankan tiga poin penting.

Ketiga point yang jadi penekanan Gubernur Rusdy, yakni pertama, menjadi pemimpin yang demokratis. “Mendengarkan dan menerima masukan dari bawahan, suka berdiskusi, tidak anti kritik. Mampu berpikir out of the box dan juga perhatian ke bawahan,” kata Rusdy Mastura saat melantik 12 pejabat PTP di rumah jabatan Siranindi II, Jl. Moh Yamin Palu, Jumat 4 maret 2022. Ia melantik 12 pejabat di dampingi Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulteng Dr. Hj Vera Rompas Mastura, S.Sos, M.Si.

Poin kedua, meminta 12 pejabat itu, untuk meningkatkan fiskal daerah, mengentaskan kemiskinan dan memberdayakan masyarakat. “Itu tertuang dalam program-program strategis, seperti MoU antara pemerintah provinsi dengan BRI tentang penyaluran KUR kepada pelaku UMKM,” ungkap Gubernur Rusdy.

Baca Juga: Lantik Pejabat Baru Bank Sulteng, Ini Pesan Gubernur Rusdy Mastura

“Alhamdulillah telah nampak keberhasilan dari program ini. Sepertipenurunan angka kemiskinan Sulawesi Tengah sebesar 1 %. Dan, data terbaru BPS tahun 2022, kemiskinan yang harus kita entaskan tinggal 12 % lebih. Presiden Joko Widodo bahkan telah merestui perpanjangan program tersebut. Mengingat manfaatnya yang begitu besar dalam kaitan pemulihan ekonomi nasional dari pandemi covid-19,” tambah Gubernur.

Program selanjutnya, sebuat dia, yakni pengembangan kawasan food estate; industri perikanan halal; smart village; pembangunan pelabuhan tambu; pendidikan gratis SMA, SMK dan SLB; revitalisasi BLK; dan swakelola sumber daya alam potensial daerah melalui peran perusahaan daerah.

“Olehnya itu, dukungan dan sinergitas OPD sangat saya harapkan. Khususnya OPD teknis yang memiliki anggaran dan program, supaya benar-benar berjuang agar manfaat-manfaatnya dapat sampai ke masyarakat. Guna meningkatkan daya saing dan kesejahteraan,” jelas gubernur.

Baca Juga: Gubernur Rusdy Mastura Pimpin Rakor Bahas Penyelenggaraan Food Estate

Point ketiga lanjut gubernur, berkaitan dengan meningkatnya kasus harian covid-19 di Sulawesi Tengah. Untuk itu, kepada para pejabat yang baru di lantik agar terus mengingatkan dan mengimbau pentingnya protokol kesehatan dan vaksinasi kepada pegawai-pegawai di tempat kerjanya.

“Jangan sampai kita lengah dan meremehkan varian baru dari virus yang terus berkembang ini. Terlebih lagi dalam kunjungan kerja Presiden Joko Widodo beberapa waktu yang lalu. Provinsi Sulawesi Tengah mendapat pujian atas capaian vaksinasi yang dinilai terbaik dari beberapa daerah lain di indonesia. Saya harap, semoga hal ini menjadi motivasi kita semua untuk mendukung vaksinasi, dan menjaga protokol kesehatan jangan sampai kendor,” urai Gubernur.

Rusdy Mastura juga menyampaikan, bahwa Presiden Joko Widodo ketika menaiki tangga pesawat. Usai kunjungan kerja di Provinsi Sulawesi Tengah secara langsung mengundangnya ke Jakarta.

Baca Juga: Gubernur Rusdy Mastura dan Forkopimda Sambut Kedatangan Presiden Joko Widodo

Untuk itu, gubernur meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Bina Marga mengajukan proposal. Pembuatan empat ruas jalan yang berkaitan dengan letak strategis Provinsi Sulawesi Tengah. Sebagai daerah penyangga rencana ibu kota negara Kalimantan, yang tentu saja akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Sulawesi Tengah.

Selain ke-12 orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sulawesi Tengah, juga hadir pada kesempatan itu Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Pj sekretaris daerah provinsi, Asisten, Staf Ahli Gubernur, pimpinan OPD dan unsur Forkopimda serta pihak terkait lain yang hadir langsung di Gedung Pogombo Kantor Gubernur Sulawesi Tengah maupun yang mengikuti prosesi pelantikan secara virtual.

Kepada 12 pejabat yang ia lantik, Gubernur menyampaikan selamat dan apresiasi.

Berikut Nama 12 Pejabat Tersebut:

1. Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Dr. Rohani M.Si,
2. Kepala Dinas Energi Dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sulawesi Tengah Ir. Abdul Rachman Ismail M. Agr, MP,
3. Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, Yudiawati V Windarrusliana SKM M.Kes,
4. Kepala Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tengah Nelson Metubuh MP,
5. Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Drs. Rifki Anata Mustaqim M.Si,
6. Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Siti Rachmi Amir Singi S.Sos, M.Si,
7. Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Drs. Amaludin, MM,
8. Kepala Biro Pemerintahan Dan Otonomi Daerah Drs. Dahri Saleh, M.Si,
9. Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa, Muchsin Husain Pakaya, SE, M.Si.
10. Kepala Biro Umum, Dr. Suandi, S.Ti, M.Si,
11. Kepala Biro Administrasi Pimpinan, Eddy Nicolas Lesnusa, S.Sos.
12. Direktur UPT. Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Sulawesi Tengah drg. Herri, M.Kes.

(hms/ysf)

Exit mobile version