Lima Anak di Sulsel Ikut Operasi Gratis Celah Bibir Sumbing di Gowa

Kolaborasi antara Pemkab Gowa dan FKG Unhas

GOWA, NEWSURBAN.ID — Sebanyak lima anak dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan melakukan operasi celah bibir sumbing secara gratis di RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa, Minggu (6/3).

Operasi gratis ini merupakan kolaborasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa bersama Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin Makassar dalam menyiapkan kemudahan fasilitas kesehatan bagi masyarakat.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan situasi pandemi Covid-19 ini memberikan dampak yang sangat signifikan. Salah satunya kemampuan daerah yang menurun, sehingga untuk menciptakan program untuk masyarakat juga ikut berkurang. Sehingga langkah yang di ambil oleh pemerintah yakni melakukan kolaborasi dalam memberikan bantuan program kepada masyarakat.

Baca Juga: Pemkab Gowa Bersama FKG Unhas akan Gelar Pengobatan Gigi dan Operasi Bibir Sumbing Gratis

“Pemerintah tidak boleh jalan sendiri dalam membangun daerah dan memberikan bantuan ke masyarakat di tengah pandemi seperti ini. Oleh karena itu, membutuhkan kolaborasi dan kerjasama dari seluruh pihak yang ada seperti yang kita lakukan hari ini,” ungkapnya.

Dirinya mengaku, operasi celah bibir sumbing belakangan memang jarang di lakukan dan kurang-diketahui oleh masyarakat banyak. Sehingga kolaborasi seperti ini akan terus di lakukan Pemkab Gowa bersama FKG Unhas secara berkelanjutan kedepannya.

“Memang dari berbagai pasien yang ada, mereka tau adanya kegiatan ini karena sangat jarang di lakukan. Jadi kita akan kolaborasi terus, dengan langkah awal meminta para camat dan PKK mengidentifikasi di lapangan. Lalu kami diskusikan ke Dekan untuk bisa kita laksanakan seperti ini. Bukan hanya masyarakat Gowa tapi masyarakat kabupaten dan kota di Sulsel juga bisa ikut,” jelas orang nomor satu di Gowa itu.

Baca Juga: Bupati Adnan Paparkan Program Pendidikan Gowa di Mubes IKA Unhas

Paa kesempatan tersebut, Bupati Adnan juga memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran FKG Unhas dan PDGI. Karena, memilih Kabupaten Gowa sebagai tempat pelaksanaan bakti sosial operasi bibir celah dan lelangit ini.

“Atas nama pemerintah dan masyarakarat Kabupaten Gowa tentu  kami mengapresiasi kepada FKG dan PDGI serta semua yang terlibat. Sehingga kegiatan ini terlaksana dengan baik. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa terus kita lakukan di Kabupaten Gowa agar semakin banyak warga kita yang bisa kita bantu,” harap Adnan.

Dies Natalis FKG Unhas

Sementara Dekan Fakutas Kedokteran Gigi Unhas, Prof Muhammad Ruslin mengatakan, kegiatan bakti sosial ini, rangkaian dari Dies Natalis FKG Ke-39 Tahun 2022. Salah satunya-dipusatkan di Kabupaten Gowa.

Pada kegiatan ini sebanyak 12 orang yang mendaftar, namun yang lulus pada proses screening hanya 5 (lima) orang. Sehingga operasi hari ini hanya lima orang tersebut yang merupakan warga dari Gowa, Makassar dan Luwu Utara.

“Ada beberapa yang terkonfirmasi Covid-19 sehingga kami akan jadwalkan ulang setelah hasilnya negatif di RSUD ini,” katanya.

Di akhir pembukaan, Bupati Gowa yang turut-didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan dan Plt. Dirut RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa, Plt. Kadis Kesehatan Gowa dan Kabag Umum Setkab Gowa meninjau langsung pelaksanaan operasi celah bibir sumbing di ruang operasi. (nh/*)

Exit mobile version