Pemkot Palu Belajar Pengelolaan Lingkungan dan Persampahan di Kota Balikpapan

PALU, NEWSURBAN.ID — Wali Kota Palu H. Hadianto Resyid melakukan kunjungan ke Kalimantan Timur untuk mempelajari pengelolaan lingkungan dan persampahan di Kota Balikpapan, Selasa (8/3).

Kunjungan kerja Wali Kota Hadi di dampingi Ketua TP – PKK Kota Palu, Diah Puspita, Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo. Rombongan Wali Kota Hadi di terima Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud di ruang pertemuan Kantor Wali Kota Balikpapan.

Dalam pertemuan, Wali Kota Hadi menyebutkan maksud kedatangannya, dalam rangka ingin belajar dari Pemerintah Kota Balikpapan terkait pengelolaan lingkungan hingga persampahan.

“Kami ingin mendapatkan ‘sharing best practice’ dari Kota Balikpapan. Karena Kota Balikpapan merupakan salah satu kota terbersih yang di akui di Asia Tenggara,” ujarnya.

Ia ingin tahu seperti apa Kota Balikpapan mengelola lingkungan maupun persampahan sehingga kota ini hadir menjadi kota yang sangat ramah terhadap lingkungan.

Menurutnya, Pemerintah Kota Palu saat ini betul-betul terpacu untuk mewujudkan kebersihan, ketertiban, maupun kenyaman kota. Sebab, beberapa tahun yang lalu, Kota Palu masuk dalam salah satu kota terjorok di Indonesia.

“Makanya salah satu konsen kami Pemerintah, adalah bagaimana mengeluarkan Palu dari kelompok yang di maksud sebagai salah satu kota terjorok. Olehnya itu, kami mendorong percepatan bagaimana penanganan lingkungan yang baik dan cepat. Mulai dari Go-Greennya sampai dengan penanganan sampahnya,” jelasnya.

Harapan Wali Kota Hadi

Wali Kota Hadi berharap, pihaknya bisa mendapatkan pengalaman yang baik bagaimana Kota Balikpapan mengendalikan lingkungannya maupun persampahannya.

Ia juga menyadari Kota Balikpapan sebagai salah satu kota yang tidak terlalu besar. Namun, kepadatan aktivitas produktivitas masyarakatnya yang cukup tinggi, pastinya menghasilkan beban lingkungan yang cukup berat dan beragam.

“Pastinya penanganannya cukup beragam dan pastinya efektif, sehingga bisa menjaga kestabilan lingkungan Balikpapan yang berjalan kurun waktu 10-15 tahun terakhir. Di mana Balikpapan tetap konsisten dengan keadaan lingkungan yang cukup tertib,” ungkapnya.

Ia juga meminta agar Pemerintah Kota Palu dapat berkunjung ke tempat pengelolaan akhir sampah untuk bisa melihat langsung. Apalagi, dalam kunjungan ini, Hadi membawa pihak DLH, beberapa camat, serta para Koordinator Kecamatan Adipura.

“Yang pastinya, kebersihan ini terwujud karena adanya sinergitas yang sangat baik terbangun antara Pemerintah dan masyarakatnya. Karena tanpa sinergitas, kerjasama, dan dukungan, pastinya upaya Pemerintah untuk menyukseskan programnya akan sulit tercapai,” tambahnya. (ysf)

Exit mobile version