Uji Kompetensi Para Taruna-Taruni Poltek KP Bone Tersebar Beberapa Daerah di Sulawesi

BONE, NEWSURBAN.ID — Politeknik Kelautan dan Perikanan (Poltek KP) Bone menggelar Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) program studi Teknik Budidaya Perikanan. Uji UKK sebagai bentuk meningkatkan kompetensi.

Di mana para taruna-taruni ini menempuh pendidikan di Politeknik KP Bone untuk mendapatkan ijazah. Selain itu, juga memperoleh sertifikat kompetensi sesuai dengan keahlian.

Demikian disampaikan Humas Poltek KP Bone, Muhammad Syahrir, Kamis (10/03/2022). Ia mengatakan dalam uji UKK ini berbagai tempat di Sulawesi.

Baca juga: Kunjungi Poltek KP Bone, Andi Akmal Harap Lahirkan Taruna Unggul

“Iya, lokasi pelaksanaannya berada PKL-1 yang tersebar di beberapa Kabupaten/kota. Di antaranya Bone, Sidrap, Gowa, Soppeng, Wajo, Enrekang, Toraja Utara, Konawe (Sultra) dan Parigi Moutong (Sulteng). Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari,” ujarnya.

Dalam pengujian UKK, lanjut Syahrir, langsung oleh Assesor dari Tempat Uji Kompetensi (TUK) Politeknik KP Bone. Semua para taruna-taruni membuat assesmen mandiri terlebih dahulu.

Selanjutnya, katanya, melakukan kegiatan uji tertulis dan uji praktik sesuai dengan MUK. “Jadi yang mampu mengerjakan uji tertulis dan praktik secara benar. Maka dapat dinyatakan kompeten dan memperoleh sertifikat kompetensi dari TUK Politeknik KP Bone,” ungkap Syahrir.

Baca juga: 375 Calon Taruna Poltek KP Bone Dilantik, Bambang Suprakto: Jaga Almamater dengan Baik

Untuk taruni-taruni tingkat III baik dari Prodi Teknik Kelautan (TKL), Teknologi Budidaya Perikanan dan Teknologi Penangkapan Ikan melaksanakan Kerja Praktik Akhir (KPA), di mulai dari bulan Februari sampai dengan April 2022.

Sementara para taruna-taruni perdana atau tingkat III semester genap tahun akademik 2021/2022, salah satu tempat KPA dari TKL yaitu di BPSPL Makassar wilayah kerja Gorontalo.

Ada pun para taruna-taruni Prodi TKL melakukan pengambilan data karang dan mega bentos di Perairan Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Sedangkan taruna-taruni tingkat madya pada program studi TKL juga melaksanakan PKL-I di Pulau Bontosua, Kabupaten Kepulauan Pangkajene sembari mempresentasikan hasil PKL-nya. (Fan/*)

Exit mobile version