Jenderal Rusia Tewas dalam Agresi Militer ke Ukraina

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Jenderal Rusia di laporkan tewas saat memimpin agresi militer ke Ukraina. Namanya, Andrei Sukhovetsky berpangkat Mayor Jenderal.

Andrei Sukhovetsky, menjadi komandan militer Rusia pertama yang tewas dalam invasi Rusia ke Ukraina.

Sebelumnya, kabar kematian Sukhovetsky di umumkan pihak militer Ukraina pekan lalu. Pengumuman itu, menyebutkan bahwa sang jenderal tewas dalam pertempuran pada akhir Februari.

Terbaru, pemerintah Rusia membenarkan kabar tersebut. Dalam pernyataannya resminya, Sukhovetsky di katakan tewas tertembak oleh penembak jitu pada Senin (28/2), saat melakukan operasi khusus di Ukraina.

Andrei Sukhovetsky tercatat lahir di sebuah kota yang bernama Novosibirsk, Rusia pada tahun 1974 silam.

Kendati demikian, tidak banyak informasi pribadi yang beredar. Mengingat dia adalah seorang petinggi militer tinggi di Rusia.

Pria berusia 47 tahun tersebut memulai karier militernya sebagai komandan peleton usai mengeyam pendidikan di Akademi Militer Rusia.

Setelahnya, karier militer Sukhovetsky meningkat. Ia mendapatkan kepercaya menduduki sejumlah posisi kepemimpinan, termasuk kepala staf unit serangan udara pengawal.

Dalam karir militernya, Sukhovetsky diketahui juga pernah terlibat dalam aksi militer Rusia di Suriah.

Kremlin kemudian menganugerahkan dua medali Orders of Courage atas tindakan Sukhovetsky dalam aksi milter tersebut.

Selain itu, dirinya juga di laporkan terlibat dalam operasi militer Rusia di Abkhazia dan Kaukasus Utara, serta berperan dalam “pencaplokan” Krimea.

Tak hanya itu. Sukhovetsky juga, kerap di sebut sebagai sosok penerjun payung yang di hormati dan kerap terlibat langsung dalam misi di wilayah yang berbahaya.

Sebelum tewas di tangan Ukraina, Sukhovetsky mengemban jabatan sebagai Komandan Jenderal Divisi Lintas Udara ke-7 Rusia.

Menurut kantor berita milik negara Rusia TASS, Presiden Rusia Vladimir Putin tahun lalu, juga menunjuk Sukhovetsky sebagai wakil komandan Angkatan Darat Gabungan ke-41 Distrik Militer Pusat. (bs/*)

Exit mobile version