Mewujudkan Makassar Kota Metaverse, Pemkot Gandeng WIR Group

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Pemerintah Kota Makassar bersiap mewujudkan Makassar Kota Metaverse. Keseriusan tersebut di tunjukkan dalam penandatangan nota kesepahaman (MoU) bersama Wir Group.

WIR Group adalah sebuah perusahaan teknologi berbasis augmented reality terkemuka. Kerjasama kedua pihak untuk bersama mengembangkan platform Metaverse di Makassar.

Penandatangan ini di lakukan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan “Danny” Pomanto bersama Executive Chairman WIR Group Daniel Surya, Senin (14/3/2022).

Pengembangan platform Metaverse ini menjadi upaya Pemkot Makassar mengadopsi teknologi digital dengan realitas virtual yang akan memberikan manfaat untuk masyarakat Makassar khususnya dan Indonesia umumnya.

“Kerja sama ini akan menjadikan Kota Makassar memiliki realitas virtual yang di harapkan manfaatnya bisa di nikmati masyarakat luas,bukan hanya di Makassaar tapi seluruh Indonesia. Kemajuan teknologi digital dewasa ini dapat membantu pemerintah memberikan layanan bagi warganya. Platform Metaverse ini juga dapat di gunakan masyarakat untuk berinteraksi, bekerja, belajar dan berkarya,” jelas Danny.

Sementara pihak WIR Group menegaskan komitmennya untuk mengembangkan platform metaverse di Makassar seperti halnya kota besar lainnya seperti Jakarta, Bali dan Ibu Kota Negara (IKN).

“Sebelumnya kami sudah kembangkan di kota besar lainnya dan kini menyasar Makassar. Metaverse Makassar juga akan hadir dengan tata kelola yang kredibel dan berdasarkan nilai serta kearifan lokal juga budaya bangsa,” ujar Stephen Ng (Chief Metaverse Officer WIR Group).

Metaverse Positif Untuk Kota Makassar

Stephen menambahkan pengembangan Metaverse di Makassar adalah hal positif yang akan menambah satu fase penting dalam rangkaian pengembangan ekosistem untuk mendukung platform Metaverse Indonesia.

“Pembangunan Metaverse Indonesia memang butuh waktu yang cukup lama dan di lakukan secara bertahap hingga tahun 2024. Mengingat pengembangannya memiliki kompleksitas yang tinggi,” tambahnya kemudian.

Sebelumnya, WIR Group yang masuk dalam daftar “Metaverse Companies to Watch in 2022” versi majalah bisnis international Forbes GE. Juga, telah menandatangani kesepakatan kerjasama dengan sejumlah entitas dari berbagai sektor. Untuk ikut bergabung dalam ekosistem Metaverse Indonesia, mulai dari sektor perbankan. Seperti PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) dan PT. Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), sektor pendidikan ( Trisakti School of Multimedia ), properti hingga budaya dan kuliner (Museum Boga Indonesia).

WIR Group akan memperkenalkan prototipe Metaverse Indonesia yang di rancang dengan platform. Serta di dukung oleh teknologi artificial intelligence ( AI ), virtual reality (VR), dan augmented reality (AR) kepada dunia internasional saat perhelatan Presidensi G-20 Indonesia 2022 di Bali. (cr/*)

Exit mobile version