Gubernur Andi Sudirman Hadiri Launching 9 Rumah Restorative Justice oleh Jaksa Agung

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menghadiri Launching Rumah Restorative Justice oleh Jaksa Agung RI Burhanuddin, Rabu, 16 Maret 2022. Sebanyak 9 (sembilan) Rumah Restorative dilaunching termasuk yang ada di Sulsel.

Hadirnya Rumah Restorative di Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan juga telah sesuai dengan semangat Peraturan Jaksa Agung RI Nomor 15 Tahun 2020 tentang Penghentian Penuntutan Berdasarkan Keadilan Restoratif.

Kejaksaan RI sendiri telah menyelesaikan 821 (delapan ratus dua puluh satu) perkara di seluruh Indonesia melalui keadilan restoratif. Hadirnya fasilitas ini untuk menghadirkan keadilan di tengah masyarakat, di buat sebuah ruang atau tempat penyelesaian masalah. Dengan konsep perdamaian melalui musyawarah mufakat sebelum perkaranya masuk ke ranah penegak hukum.

Gubernur Sulsel sendiri mendukung hadirnya rumah restorative justice ini sebagai sebuah inovasi yang dihadirkan Kejaksaan Agung

“Kehadiran di harapkan mampu menggali kearifan lokal dalam rangka mengimplementasikan nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat. Ini juga ebagai tempat musyawarah mufakat untuk menciptakan keharmonisan dan kedamaian dalam masyarakat,” kata Andi Sudirman.

Jaksa Agung menyambut baik di selenggarakannya acara ini. Karena kegiatan ini, merupakan sebuah manifestasi bukti keseriusan dalam menjalankan salah satu fokus pembangunan hukum di Indonesia. Yaitu, berkaitan dengan implementasi restorative justice sebagaimana di atur dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Di mana Arah Kebijakan dan Strategi Bagian Penegakan Hukum Nasional di tujukan pada perbaikan sistem hukum pidana dan perdata. Yang strateginya secara spesifik berkaitan dengan penerapan keadilan restoratif.

“Tidak di pungkiri lagi Keadilan Restoratif telah menjadi salah satu alternatif penyelesaian perkara pidana. Di mana hal yang menjadi pembeda dari penyelesaian perkara ini adalah adanya pemulihan keadaan kembali pada keadaan sebelum terjadinya tindak pidana. Sehingga melalui konsep penyelesaian keadilan restoratif ini maka kehidupan harmonis di lingkungan masyarakat dapat pulih kembali,” sebutnya.

Pidana Jalan Terakhir

Konsep keadilan restoratif merupakan suatu konsekuensi logis dari asas ultimum remedium yaitu pidana merupakan jalan terakhir. Dan, sebagai pengejawantahan asas keadilan, proporsionalitas serta asas cepat, sederhana dan biaya ringan.

“Oleh karena itu, penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restoratif di laksanakan. Dalam rangka memberikan perlindungan terhadap kepentingan korban dan kepentingan hukum lain,” ujar Jaksa Agung.

Adapun dasar filosofi penyebutan rumah di sini, di karenakan rumah merupakan suatu tempat yang mampu memberikan rasa aman, nyaman. Dan, tempat semua orang kembali untuk berkumpul dan mencari solusi dari permasalahan yang di sebabkan adanya perkara pidana ringan. Sehingga dapat memulihkan kedamaian, harmoni dan kesimbangan kosmis di dalam masyarakat.

“Oleh karena itu izinkan saya dalam kesempatan ini memberikan nama ruang tersebut dengan nama Rumah Restorative Justice (Rumah RJ),” kata Jaksa Agung.

Jaksa Agung mengatakan, Pembentukan Rumah RJ di harapkan dapat menjadi contoh untuk menghidupkan kembali peran para tokoh masyarakat. Juga,  tokoh agama dan tokoh adat untuk bersama-sama dengan penegak hukum. Khususnya Jaksa dalam proses penegakan hukum yang berorientasikan pada keadilan subtantif.(*)

Exit mobile version