Presiden Jokowi Kunjungi Stand Dekranasda Sulsel di Event Inacraft 2022

Tampilkan Produk Unggulan dari 24 Kabupaten/Kota

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulsel turut berpartisipasi pada event International Handicraft Trade Fair atau Inacraft 2022, yang-diselenggarakan di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Rabu, 23 – 27 Maret 2022. Event ini dibuka secara resmi oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Usai membuka Inacraft 2022, Presiden Jokowi meninjau sejumlah stand, termasuk stand Dekranasda Sulsel. Beragam produk kerajinan dari 24 kabupaten kota di pamerkan pada event bergengsi ini.

Seperti kain tenun, songkok recca, baju tradisional, hingga beragam produk anyaman. Booth Dekranasda Sulsel juga di tata dengan apik, bermodelkan Tongkonan khas Toraja.

Ketua Panitia Tim Dekranasda Sulsel untuk Event Inacraft 2022, Sukarniaty Kondolele, mengatakan, keikutsertaan Dekranasda Sulsel pada event tersebut berdasarkan arahan Ketua Dekranasda Sulsel Naoemi Octarina, dan Gubernur Sulsel selaku Pembina Dekranasda Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Sukarniaty juga menyampaikan beberapa arahan dari Ketua Dekranasda Sulsel, Naoemi Octarina. Antara lain, harus tampil dengan baik dan maksimal di Inacraft 2022, menampilkan hal-hal yang unik dan produk-produk kerajinan unggulan Sulsel. Seperti, tenun sutera, songkok recca, dan kerajinan lainnya.

“Ibu Ketua Dekranasda Sulsel juga berharap, transaksi penjualan produk bisa melebihi target transaksi dari stand provinsi lainnya yang ada di Inacraft,” ujarnya, Rabu, 23 Maret 2022.

Sementara, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, lanjut Sukarniaty, berharap agar Inacraft 2022 ini bisa di laksanakan di Sulsel pada tahun 2023 mendatang. Ia juga beharapevent ini, bisa menarik buyer dan go internasional.

“Pak Gubernur berharap agar produk-produk kita di lirik oleh buyer dari luar. Sehingga, para pengrajin di 24 kabupaten kota bisa menggeliat, apalagi di kondisi pandemi seperti sekarang ini,” pungkasnya.

Harapan Presiden Jokowi

Sebelumnya, Presiden Jokowi saat membuka pameran kerajinan Inacraft 2022 tersebut, mengajak seluruh masyarakat untuk mencintai produk kerajinan dalam negeri. Yang dapat mendukung pengembangan para perajin terutama pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah.

“Saya mengajak masyarakat untuk mencintai produk-produk produksi dalam negeri, utamanya produk-produk kerajinan. Ini akan memajukan para perajin kita, memajukan UMKM kita,” ujarnya.

Kepala Negara juga mengapresiasi penyelenggaraan Inacraft yang mengusung tema “Smiling Heritage of West Java; From Smart Village to Global Market” ini.

Di ketahui, setelah dua tahun vakum, Inacraft kembali diselenggarakan di tahun 2022 ini. Pameran kerajinan terbesar se-Asia Tenggara ini di ikuti oleh 722 peserta yang terdiri dari 510 peserta individu, 169 peserta binaan dinas, dan 43 peserta binaan BUMN. (cr/ar)

↑
Exit mobile version