Sekda Gowa Dorong Satu Instansi Siapkan Satu Inovasi

GOWA, NEWSURBAN.ID — Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, Kamsina mendorong setiap perangkat daerah, instansi atau unit kerja di Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa untuk bisa melahirkan minimal satu inovasi dalam satu tahun.

Hal ini di sampaikannya saat membuka Bimbingan Teknis Inovasi Pelayanan Publik yang di laksanakan Oleh Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa di Aula Syekh Yusuf Balai Besar Pelatihan Pertanian Batangkaluku, Selasa (29/3).

“Hal ini sesuai dengan kebijakan Pemerintah Pusat melalui gerakan satu instansi satu inovasi. Kebijakan ini merupakan salah satu upaya untuk membiasakan budaya berinovasi di kalangan birokrasi,” ujarnya.

Baca Juga: Mulai Besok Hingga Kamis, Dinas Dukcapil Gowa Tidak Terbitkan Dokumen Kependudukan

Kamsina juga menyebutkan bahwa hal ini sejalan dengan salah satu misi Pemerintah Kabupaten Gowa yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Gowa tahun 2021-2026 yaitu mengembangkan tata kelola pemerintahan inovatif melalui reformasi birokrasi dan pelayanan publik berkualitas.

“Saat ini kita tengah berada di era digitalisasi dan virtualisasi yang kompetitif di mana seluruh sisi kehidupan manusia bersentuhan dengan teknologi dan inovasi yang merupakan sebuah keniscayaan terutama inovasi di bidang pelayanan publik,” ungkapnya.

Lanjut Kamsina, pelayanan publik saat ini, harus mampu menjawab kebutuhan, lebih cepat, lebih mudah, dan murah. Yang tentunya dapat memuaskan masyarakat. Olehnya di butuhkan pelayanan publik yang tidak biasa-biasa saja. Perlu ada inovasi terobosan dalam pelayanan untuk memenuhi harapan masyarakat.

Baca Juga: Terpopuler di Media Cetak 2021, Pemkab Gowa Kembali Raih PRIA 2022

“Inovasi pelayanan publik di dasarkan pada pemikiran perlu percepatan untuk memajukan pelayanan publik. Kebutuhan akan inovasi dalam pemberian pelayanan publik di perkuat dengan munculnya kondisi Covid-19,” jelasnya.

Olehnya itu, dirinya berharap seluruh peserta Bimtek agar mengikuti dan memperhatikan seluruh materi yang akan di berikan. Dirinya berharap Bimtek ini berjalan lancar, sehingga apa yang di harapkan bisa di capai.

“Momen ini harus di manfaatkan dengan baik. Perhatikan apa yang pemateri sampaikan, karena ini kesempatan kita untuk memperoleh ilmu pengetahuan,” tandasnya.

Baca Juga: Bupati Adnan Dorong Semua UMKM Gowa Masuk Dalam E-katalog Pengadaan Barang dan Jasa

Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa, Sujjadan dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini, di ikuti sebanyak 40 peserta. Berasal dari perangkat daerah dan unit kerja lingkup Pemkab Gowa. Yang terdiri dari 6 dinas/badan, 4 satuan pendidikan, 4 Pemerintah Desa, dan 26 UPT Puskesmas.

Dirinya menyebutkan juga menyebutkan bahwa tujuan kegiatan ini, untuk menjaring dan mendokumentasikan pelaksanaan inovasi pelayanan publik. Pada perangkat daerah dan unit kerja di lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa. Kemudian meningkatkan kapasitas unit penyelenggara pelayanan publik Pemkab Gowa dalam pembangunan dan pengembangan inovasi pelayanan publik.

“Selain itu, tujuan kegiatan ini juga untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang kriteria dan kategori inovasi pelayanan publik. Dalam rangka pelaksanaan kompetisi-inovasi pelayanan publik tahun 2022. Serta meningkatkan pengetahuan inovator dalam penulisan proposal, pembuatan video dan pelayanan publik,” tambahnya. (jn/*)

Exit mobile version