Operasi Ketupat 2022, Gubernur Sulsel Ingatkan Masyarakat Taati Aturan Selama Mudik

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menjadi Pimpinan Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat 2022 di Lapangan Karebosi Makassar, Jum’at 22 April 2022.

Dengan mengusung tema “Wujud Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait untuk Menjamin Masyarakat Aman dan Sehat Dalam Perayaan Idul Fitri 1443 H”, Apel pasukan ini diikuti oleh personil dari Polri, TNI, serta instansi terkait. Di antaranya Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Jasa Raharja, Basarnas dan instansi lainnya.

Operasi Ketupat ini akan dilaksanakan selama 12 hari dimulai tanggal 28 April hingga 9 Mei 2022, dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Dalam Operasi Ketupat 2022 ini, melibatkan sekitar 4.409 personil gabungan.

Baca juga: Operasi Ketupat 2022, Wabup Gowa Imbau Pemudik Taati Prokes

Andi Sudirman pun juga berkeliling memantau kesiapan personel dengan mobil komando. Serta melakukan penyematan pita tanda operasi kepada perwakilan dari satuan gabungan.

Gubernur Sulsel membacakan sambutan serentak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. “operasi ketupat harus dilaksanakan secara optimal. Sehingga perjalanan mudik maupun balik berjalan lancar, aman dan sehat,” salah satu pesan Kapolri.

Selain itu, pada dua minggu sebelum pelaksanaan operasi yaitu pada tanggal 14-27 April 2022. Polri juga telah melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dalam rangka cipta kondisi jelang operasi Ketupat dengan sasaran distribusi sembako, penyakit masyarakat, miras, judi, prostitusi, narkoba, petasan, balon udara yang mengganggu penerbangan dan lain-lain.

Baca juga: Amankan Mudik Lebaran 2022, Pemkab Gowa Siap Berkolaborasi dengan Kepolisian

KRYD akan di lanjutkan kembali pasca operasi Ketupat-2022 yaitu pada tanggal 10-17 Mei 2022 untuk mengantisipasi arus balik yang mungkin masih terjadi serta penanganan Covid-19.

Usai melakukan Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat 2022, Gubernur Sulsel menyampaikan, bahwa Tahun ini, Pemerintah telah memberikan kebijakan dalam pelaksanaan mudik. “Olehnya itu, kita tetap harus mengikuti kebijakan-kebijakan dan aturan yang berlaku, seperti cakupan vaksinasi dan menjaga protokol kesehatan 3M,” pintanya.

“Untuk seluruh masyarakat khususnya di Sulawesi Selatan. Tetap jaga kesehatan dan fisik sebelum melaksanakan perjalanan mudik. Serta mentaati aturan dalam berkendara. Tetap jaga aman, imun, dan senantiasa berdoa semoga kita selalu di beri kesehatan dan keamanan dalam menjalankan aktivitas,” tuturnya.

Baca juga: Hari Kelima Tarawih Keliling, Bupati Adnan Sampaikan Program Prioritas Pemkab Gowa

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan, bahwa dalam operasi ketupat yang berlangsung selama 12 hari ini melibatkan 4.409 personil itu terdiri dari 2.200-an anggota Polri dan 2.100-an merupakan gabungan dari instansi.

“Jadi ini adalah operasi terpusat dan pelaksanaannya secara serentak di seluruh Indonesia, dalam hal ini kami mengedepankan fungsi preventif. Kemudian juga mendukung dengan penegakan hukum, dan adapun tujuannya adalah terjaminnya, rasa aman bagi masyarakat selama pelaksanaan bulan puasa. Kemudian lebaran dan pasca hari raya idul fitri kedua, terjaminnya juga, ketersediaan bahan pangan. Kita tahu beberapa waktu lalu ada sedikit kendala di masalah pangan,” jelasnya. (*)

Exit mobile version