MetroNewsNusantara

Wakil Wali Kota Fatmawati Rusdy Terima Penghargaan Makassar Kota Layak Anak

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mendapat apresiasi dari pemerintah pusat terkait dengan upaya pemenuhan hak-hak anak. Melalui Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Kota Makassar diganjar penghargaan sebagai Kota Layak Anak (KLA) 2022 Kategori Nindya.

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Menteri PPPA Bintang Puspayoga kepada Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi, di Hotel Novotel Bogor Golf Resort and Convention Center, Jumat (22/7) malam.

Berdasarkan data Kementrian PPPA, tercatat ada 312 kabupaten/kota yang meraih penghargaan KLA. Rinciannya, delapan daerah meraih predikat utama, 66 nindya, 117 madya, dan 121 pratama.

Baca Juga: Wawali Fatmawati Rusdi Ingatkan Camat Lurah Koordinasi Tindak Lanjut Rembuk Stunting 3

Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi usai menerima penghargaan memberikan apresiasi kepada seluruh stakeholder yang terlibat dalam pemenuhan hak-hak anak.

“Jadi penghargaan ini kita peroleh karena komitmen pemerintah kota, swasta, dan masyarakat yang turut serta mewujudkan kota yang ramah dan layak untuk tumbuh kembang anak,” jelasnya.

Fatmawati juga menambahkan bahwa kebijakan dan komitmen pemerintah kota sudah berpihak pada pemenuhan hak-hak anak.

Baca Juga: Sukseskan Percepatan Vaksinasi Makassar, Fatmawati Rusdi Minta Libatkan Banyak Pihak

Komitmen tersebut sejalan dengan program Jagai Anakta yang di gagas bersama Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto, serta program Revolusi Pendidikan yang mengakomodir hak anak untuk mendapatkan pendidikan.

“Ke depannya kami akan terus berupaya agar bisa memberikan pelayanan kepada anak yang jauh lebih baik dan melakukan evaluasi terhadap program yang telah di lakukan,” bebernya.

Kepala DPPPA Makassar, Achi Soleman bersyukur bisa mempertahankan status KLA. Bahkan tahun ini naik peringkat dari Madya ke Nindya.

Baca Juga: Fatmawati Rusdi Kecam Pelaku Human Trafficking, Harap Polisi segera Usut

“Alhamdulilah tahun ini Makassar mendapatkan penghargaan KLA kategori Nindya,” singkat Achi.

Dia menyebutkan ada 312 kabupaten dan kota di Indonesia yang mendapatkan penghargaan KLA, dan Makassar merupakan satu dari 66 kabupaten/kota yang meraih kategori Nindya.

“Insya Allah tahun depan kita bisa meraih predikat utama. Jadi apa yang kurang itu kita akan perbaiki dan yang sudah bagus kita tingkatkan lagi,” ujar Achi.

Baca Juga: Pantau Langsung Penderita Stunting, Fatma Kunjungi 2 Puskesmas

Dia menyampaikan indikator kota layak anak terdiri dari lima klaster. Di antaranya, hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif.

Selanjutnya klaster perlindungan khusus; kesehatan dasar dan kesejahteraan; serta klaster pendidikan pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya.

“Makassar sudah banyak melakukan hal-hal yang sekaitan dengan pemenuhan hak anak. Itu di bantu oleh stakeholder terkait,” tuturnya.

Baca Juga: Kasus Stunting Makassar Kota Terendah di Sulsel, Fatma: Massifkan Penanganan dan Inovasi

Menteri PPPA Bintang Puspayoga menyampaikan penghargaan KLA-diberikan kepada daerah yang mempunyai komitmen tinggi. Dalam mendukung pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

Dia memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya, serta selamat kepada daerah yang mendapatkan penghargaan tahun ini. Atas segala upaya yang telah di lakukan.

“Semoga penghargaan ini tidak hanya di lihat sebagai tujuan akhir. Tetapi juga penyemangat untuk semakin maju dalam memenuhi hak dan melindungi anak di daerah masing-masing,” tutup Bintang.

Pada kesempatan tersebut, Fatmawati Rusdi juga turut di dampingi Sekretaris Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Makassar Hamka. (cr/#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button