NewsNusantaraSulteng

Bersama Wawali Reny, Wali Kota Hadi Resmikan Kantor Kelurahan Lolu Selatan

PALU, NEWSURBAN.ID — Wali Kota Palu H. Hadianto Rasyid, SE bersama Wakil Wali Kota, dr. Reny A. Lamadjido, Sp.PK.,M.Kes secara simbolis meresmikan Kantor Kelurahan Lolu Selatan pada Rabu, 27 Juli 2022 di halaman kantor kelurahan setempat.

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatangan prasasti Kantor Kelurahan Lolu Selatan oleh Wali Kota Palu.

Dalam sambutannya, Wali Kota Hadi menyampaikan kantor kelurahan ini menampilkan bentuk yang sedikit berbeda namun tidak meninggalkan unsur kearifan lokal dan budaya yang ada. “Ini menunjukkan bahwa kita berusaha update dengan situasi dan kondisi kekinian,” ujar Wali Kota.

Baca Juga: Jalankan Program Transformasi Puskesmas Menjadi Klinik Modern, Dinkes Kota Palu Kunker ke Bogor

Ia mengharapkan kantor tersebut bisa menjadi alat picu dan pemicu bagi seluruh perangkat kelurahan untuk bisa bekerja lebih moderat, lebih modern, lebih update dan benar-benar bisa memenuhi ekspektasi sesuai dengan kebutuhan kondisi saat ini.

Wali Kota sangat bersyukur kalau hari ini juga dirangkaikan dengan pencanangan Kelurahan Lolu Selatan sebagai Kelurahan Cinta Statistik (Kelurahan Cantik) oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Menurutnya hal tersebut merupakan suatu inovasi yang sangat besar dan sangat baik yang dilakukan oleh BPS Provinsi Sulawesi Tengah lewat BPS Kota Palu.

Baca Juga: Jembatan IV Kota Palu-Dibangun, Wali Kota Hadi: Penantian Panjang Masyarakat Terjawab!

Wali Kota menyebut ini sejalan dengan program kerja yang-diusung bersama Wakil Wali Kota Reny.

“Kita berusaha untuk meng-update data dan kondisi rill masyarakat kita. Soalnya tahun ini juga kita sudah menurunkan tim untuk melakukan survei. Hanya saja prosesnya masih berjalan. Saya berharap survei ini betul-betul bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Dengan mengetahui kondisi rill masyarakat, lanjutnya Pemerintah Kota Palu tahu betul apa yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Dari informasi yang-didapat melalui BPS, ini nanti akan-diketahui berapa banyak masyarakat yang masuk dalam kategori pengangguran maupun masyarakat yang berada di taraf keluarga pra sejahtera.

“Kita juga akan mengetahui bagaimana kondisi kesehatan masyarakat kita. Jadi semua kondisi masyarakat kita benar-benar akan masuk dalam pendataan yang akurat,” lanjutnya.

Baca Juga: Bersama Warga Tinjau, Wali Kota Palu Tinjau Lokasi Pembangunan Hunian Tetap Penyintas Bencana di Petobo

Ia mengungkapkan dengan mengetahui langkah-langkah apa yang harus-dilakukan, maka Pemerintah juga bisa mengetahui langkah-langkah preventif yang-dilakukan.

Menurutnya akan lebih mudah ketika Pemerintah melakukan langkah-langkah preventif atau pencegahan-dibandingkan melakukan langkah-langkah pemulihan.

“Saya sangat bersyukur semangat kita meresmikan kantor ini juga-disertai dukungan yang sangat baik dari BPS. Untuk menguatkan kerja-kerja kita di kantor Kelurahan Lolu Selatan,” ujarnya.

Wali Kota berharap pencanangan Kelurahan Cantik tidak hanya berada di Kantor Kelurahan Lolu Selatan saja, tapi juga dapat-diterapkan di kelurahan-kelurahan yang lain.

Baca Juga: Buka Muscab PDGI Kota Palu, Wawali Reny Minta Pengurus Aktif Mendorong Peningkatan Kualitas dan Kompetensi Anggota

Karena apa yang-dilakukan oleh BPS merupakan bentuk corporate social responsibility yang-diberikan oleh BPS Provinsi Sulawesi Tengah untuk Kota Palu.

“Ini harus-diikuti juga oleh kelurahan-kelurahan lain. Karena itu, saya berharap semoga kita bisa melakukan penguatan itu. Di anggaran perubahan ini untuk kantor-kantor kelurahan yang kita akan resmikan. Agar supaya kantornya modern, kemudian-didukung pelayanan di dalamnya,” harapnya.

Wali Kota menitip pesan kepada Lurah Lolu Selatan, dengan kantor kelurahan yang baru ini, semangat aparat di dalamnya juga semakin baik.  Dan, kesungguhan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat juga betul-betul bisa-dijalankan dengan baik.

Baca Juga: Dukcapil dan DPMPTSP Kota Palu Lulus Seleksi Zona WBK-WBBM Kemenpanrb

“Semakin di mantapkan. Agar ini betul-betul menjadi contoh yang baik bagi kelurahan yang lain untuk benar-benar bersama. Menyamakan langkah kita agar kerja-kerja kita khusus untuk masyarakat dan Kota Palu bisa kita tunaikan dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Tidak lupa, Wali Kota Hadi juga menyampaikan terima kasih kepada Kepala BPS Prov. Sulawesi Tengah maupun BPS Kota Palu yang telah memberikan perhatian yang sangat baik.

“Ini akan menjadi pembuka jalan bagi Pemerintah untuk melakukan perbaikan-perbaikan dan melengkapi kerja-kerja kita agar lebih baik kedepan,” tambahnya. (ysf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button