Sosialisasi Kesehatan Reproduksi di GKST Immanuel Palu, Ini Pesan Ketua Diah

PALU, NEWSURBAN.ID — Ketua TP PKK Kota Palu Diah Puspita, S.AP menghadiri sekaligus menyampaikan sambutan pada acara sosialisasi kesehatan reproduksi, pelayanan IVA dan KB.

Kegiatan,digelar di gedung Gereja GKST Immanuel jalan Masjid Raya pada Rabu (27/7/2022). Hadir pula Deputi Bidang KBKR BKKBN dr Eni Gustira, M.Kes dan sejumlah pejabat dari BKKBN Kota Palu dan Provinsi Sulteng dan Dinkes.

Pada kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Kota Palu menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah hadir dalam kegiatan ini.

Baca Juga: Ketua Diah Perkenalkan Tenun Ikat Motif Kelor Khas Kota Palu

“Kehadiran hadirin sekalian memiliki arti penting dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang kesehatan reproduksi dan keluarga berencana,” kata Diah.

Ia mengatakan, menjaga kesehatan organ reproduksi merupakan hal yang penting. Karena terkait dengan bagaimana menjamin keberlangsungan hidup manusia dari generasi ke generasi. Sehingga generasi berikutnya bisa lebih berkualitas dari generasi pada saat ini.

Menurut dia, kesehatan reproduksi secara umum tidak hanya terkait dengan aspek fisik saja, tapi menyangkut aspek psikologis, mental, dan sosial. “Saat kita membahas kesehatan reproduksi, tidak hanya dari sisi laki-laki atau perempuan saja, tapi dari keduanya juga sangat penting,” ucapnya.

Baca Juga: Ketua Diah Saksikan Penampilan PSP Kota Palu di Pesparawi XIII

Masalah kesehatan reproduksi, kata Diah, juga perlu mendapat sosialiasi yang luas kepada masyarakat. Agar para calon ibu mengetahui persoalan reproduksi yang akan-dialaminya serta mendapatkan jalan keluar dari persoalan tersebut.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi kesehatan reproduksi dan keluarga berencana bagi persekutuan perempuan Jemaat Imanuel GKST Palu ini. Kiranya dapat menjadi momentum untuk menambah pengetahuan dan wawasan kita, dalam hal kesehatan reproduksi dan keluarga berencana,” tutur Diah.

Sementara itu, Wali Kota Palu-diwakili Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Palu dr. Royke Abraham menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada persekutuan perempuan jemaat immanuel palu (PPRJ). Karena menginisiasi pelaksanaan kegiatan sosialisasi kesehatan reproduksi, pelayanan iva dan KB.

Baca Juga: Dorong Daya Saing UMKM, Ketua Diah Puspita: Butuh Pembinaan dan Dukungan Permodalan

“Tentunya kegiatan ini,dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan perilaku. Tentang kesehatan reproduksi sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup perempuan,” katanya.

Kesehatan-reproduksi lanjutnya,diartikan sebagai suatu keadaan sehat mental, fisik, dan kesejahteraan sosial secara utuh. Pada semua hal yang berhubungan dengan sistem dan fungsi serta proses reproduksi dan bukan hanya kondisi yang bebas dari penyakit dan kecacatan. Serta di bentuk berdasarkan perkawinan yang sah, mampu memenuhi kebutuhan spiritual dan material yang layak. Kemudian, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, spiritual yang memiliki hubungan yang serasi, selaras dan seimbang antara anggota keluarga. Dan antara keluarga dengan masyarakat dan lingkungan.

Baca Juga: Kota Palu Adipura 2023, Diah Puspita Ajak Perempuan Kelurahan Palu Berperan Aktif

“Karena itu, selaku Wali Kota Palu saya sangat mendukung pelaksanaan kegiatan sosialisasi kesehatan-reproduksi, pelayanan iva,” ujarnya.

Wali Kota mengharapkan kegiatan ini, dapat meningkatkan pengetahun terhadap kesehatan-reproduksi. Sehingga bisa menjadi upaya untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan. (ysf)

Exit mobile version