Kabupaten Gowa Sambut Puncak Perayaan HUT RI Lewat Upacara Taptu dan Pawai Obor

GOWA, NEWSURBAN.ID — Upacara Taptu dan Pawai Obor menjadi salah satu tradisi yang digelar menjelang puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia. Di usia Kemerdekaan RI Ke-77 Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Gowa kembali melaksanakan tradisi tersebut.

Upacara Taptu yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Gowa dipimpin langsung Dandim Gowa, Letkol Inf Muh. Isnaeni Natsir. Dalam upacara tersebut juga hadir Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Wakil Bupati Gowa Abd. Rauf Malaganni, Jajaran Forkopimda Kabupaten Gowa, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina serta para pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa.

Baca Juga: Bupati Gowa Harap Kejuaraan Badminton Kapolda Sulsel Cup 2022 Lahirkan Bibit Pebulutangkis

Letkol Inf Muh. Isnaeni mengatakan, perayaan yang telah menjadi tradisi ini untuk mengajak seluruh masyarakat dalam mengenang jasa para pahlawan yang telah berjasa kepada bangsa dan negara.

“Jadi kegiatan ini untuk mengembalikan ingatan generasi muda agar menjiwai dan memaknai bahwasanya perjuangan ataupun pengorbanan yang-dilakukan oleh para pendahulu kita. Sehingga bisa menginspirasi mereka untuk berbuat yang lebih baik lagi demi bangsa dan negara,” katanya, Selasa (16/08) malam tadi.

Menurutnya, upacara Taptu yang-dirangkaikan dengan pawai obor terkandung makna yang mendalam. Di mana api-disimbolkan sebagai lambang semangat yang menyala sementara rombongan (pawai) yang berjalan di sepanjang kota menandakan mereka menginformasikan dan menyebarkan semangat yang menyala kepada masyarakat sekitarnya.

Baca Juga: Kukuhkan 68 Paskibraka Gowa, Adnan Harap Pengibaran Bendera Merah Putih Berjalan Sukses

“Kita berbarap akan terbangun semangat yang menyala dalam diri masyarakat untuk mempertahankan Kemerdekaan RI dengan seluas mungkin. Semangat dalam hati ini harus bisa kita bangun dan-dikobarkan kepada orang-orang di sekitar kita. Termasuk mengenang bagaimana perjuangan para pejuang dalam merebut Kemerdekaan RI,” ungkapnya.

Sementara Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, pelibatan TNI/Polri, satpol PP, ASN Pemda Gowa, anak-anak Pramuka, PMI, dan pelajar yang ikut pada kegiatan ini tiada lain untuk mengingatkan sekaligus memperlihatkan kepada masyarakat bahwa hari ini adalah malam di mana kita akan sama-sama menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 2022 besok.

“Ini tiada lain untuk menyambut perayaan Hari Proklamasi ke-77 Tahun. Sekaligus kita mensosialisasikan bahwa obor itu merupakan simbol agar NKRI selalu berkobar di hati dan sanubarinya seluruh rakyat Indonesia,” katanya.

Baca Juga: Meriahkan HUT RI ke-77, Bupati dan Wabup Gowa Ikut Lomba Masak Nasi Goreng

Adapun rute yang-dilalui rombongan pawai obor yakni Jalan Masjid Raya, Jalan Basoi dg.Bunga, Jalan Andi Tonro, Jalan Agus Salim dan kembali ke halaman Kantor Bupati Gowa sekaligus menutup upacara Taptu.

Selama pawai obor rombongan terlihat menyanyikan sejumlah lagu-lagu kemerdekaan RI. Setelah Upacara Taptu akan-dilanjutkan dengan malam renungan suci yang-digelar di Taman Makam Pahlawan Romang Lompoa. (VH/AR)

Exit mobile version