MetroNews

Wali Kota dan Wawali Makassar Ikuti Upacara yang Dipimpin Presiden Jokowi

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menghadiri Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia melalui konferensi video atau virtual di Baruga Anging Mammiri, Rabu (17/08).

Meski virtual, Danny Pomanto bersama Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi dan Forkopimda Makassar tetap mengikuti pelaksanaan upacara yang di pimpin oleh Presiden Joko Widodo ini secara khidmat.

“Upacara 17 Agustus itu, silaturahmi, ada kohesifitas yang kuat. Semangat inilah yang akan membawa sama-sama pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat,” ujar Danny Pomanto.

Baca juga: Korsik Satpol PP Makassar Iringi Pengibaran Bendera Merah Putih di Losari

Suara meriam yang meletus 17 kali diikuti sirine yang dinyalakan selama satu menit menandai dimulainya upacara yang dipusatkan di halaman Istana Negara, DKI Jakarta. Disusul pembacaan teks proklamasi kemerdekaan oleh Ketua DPD RI, La Nyala Mattaliti.

Selanjutnya, Presiden Jokowi selaku inspektur upacara memimpin para peserta upacara untuk mengheningkan cipta. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas kemudian memandu pembacaan doa.

Baca juga: Haknya Terpenuhi, Penyandang Disabilitas Apresiasi Terobosan Danny Pomanto

Sebagai informasi, akibat pandemi COVID-19, dua tahun sebelumnya upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di halaman Istana Merdeka. Hanya di hadiri oleh peserta terbatas sementara tamu undangan lainnya hadir melalui konferensi video

Nampak Fatmawati Rusdi dan Kepala Kejaksaan Negeri Makassar, Andi Sundari kompak mengenakan pakaian adat Bugis-Makassar, baju bodo.

Presiden Jokowi dampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan pakaian adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara. Sementara Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin memakai baju adat dari Banten. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button