NewsNusantaraSulsel

Polres Bantaeng Ajak Dai Kamtibmas Berperan Aktif Wujudkan Ketertiban dan Keamanan

BANTAENG, NEWSURBAN.ID — Polres Bantaeng silaturahmi bersama Dai Kamtibmas dalam rangka Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas). Silaturahmi berlangsung di halaman rumah jabatan Kapolres Bantaeng Jl. Kartini Kelurahan Tappanjeng, Senin (29/8) malam.

Silaturahmi ini, untuk dapat bersama-sama serta bersatu dengan para Dai dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Bantaeng

Dalam pertemuan itu, Kapolres Bantaeng AKBP Andi Kumara,didampingi Kepala Kementerian Agama Kab Bantaeng H. Ahmad Jaelani dan Dandim 1410/Btg Letkol Arm Gatot Awan Febrianto.

Hadir pula Kepala Seksi Bimas Islam Sopyan Yasri, Kasi PD. Pontren Abd Halim Yakub, Ketua Forum Dai HM Ribi. Ketua DWP Kemenag Kabupaten Bantaeng Andi Harbiasari Jailani, Para Kepala KUA se-Kabupaten Bantaeng serta Perwakilan Ormas Islam

Dalam sambutannya, Kakan Kemenag Kabupaten Bantaeng H. Muhammad Ahmad Jailani mengapresiasi kegiatan Silaturahmi Dai Kamtibmas dengan Jajaran Polres Bantaeng.

“Tentunya sebagai mitraan Polri dan Da’i Kamtibmas lebih bersinergi dalam membangun dan menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban dimasyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga: Jumat Berkah, Polres Bantaeng Bagikan Nasi Kotak ke Warga

Dia juga menyampaikan bahwa ada 7 Program Prioritas Kementerian Agama Republik Indonesia. Salah satunya adalah Moderasi Beragama.

“Sinergitas yang sudah terjalin selama ini kepada Polres Bantaeng dan Kodim 1410/Btg kita dapat rajut bersama khususnya terhadap Dai Ummat Islam,” ucapnya.

Menurutnya, agama Islam yang ramah, yang penuh kasih sayang dan pada saat yang sama kita menjaga dan merawat keutuhan NKRI. “Ini sebagai bagian rasa syukur kita atas kemerdekaan yang telah-diraih oleh para pendahulu kita,” pungkasnya.

Sementara itu, Dandim 1410/Btg Letkol Arm Gatot Awan Febrianto mengajak kepada seluruh Dai dan daiyah untuk senantiasa memperbanyak bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW. “Sebelum kita mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersalawat, mari kita hantarkan dan memberikan pemahaman apa makna dan manfaat jika kita bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Yaitu, dengan cara menyampaikan kisah kisah Nabi Muhammad SAW,” tuturnya.

Dandim asal Purwodadi Grobogan ini, juga menyampaikan terkait Moderasi Beragama bahwa Pancasila itu adalah merupakan implementasi dari agama kita.

Baca Juga: Tindaki Pelanggar Lalu Lintas dan Tawuran, Polres Bantaeng Rutin Patroli Jam Pulang Sekolah

Dia juga berharap agar semua fokus pada pemeluk agama masing-masing. “Kita Islam, fokus pada ummat Islam. Mari kita ciptakan masyarakat Bantaeng menjadi pemeluk agama Islam yang baik. Karena kalau agamanya sudah baik maka pasti dia moderat. Dan bukan hanya kepada sesamanya ummat Islam tapi juga kepada pemeluk agama lain,” ujar Dandim.

Sementara, Kapolres Andi Kumara menyatakan mengapresiasi para Dai Kamtibmas yang telah menghadiri kegiatan Silaturahmi ini.

“Terimakasih kepada Dai Kamtibmas. Selain memberikan syiar keagamaan, juga bersinergi dengan Pihak Kepolisian dalam membantu tugas menciptakan kondusifitas di masyarakat,” ungkapnya.

Kapolres mengharapkan soliditas Polri dan Dai Kamtibmas, berperan aktif dalam memberikan imbauan prokes. Dan mengajak masyarakat untuk menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban di masyarakat di Wilayahnya.

Andi Kumara juga menyampaikan, ada penekanan dari pimpinan dalam hal ini Kapolda Sulsel bahwa, Sulawesi Selatan ini sudah dalam keadaan darurat Narkoba.

Baca Juga: Di Jumat Berkah, Polres Bantaeng Bagikan Nasi Kotak Bagi Warga Tak Mampu

Dia juga menyebutkan saat ini untuk Sulsel sudah mencapai angka 1.900 belum akhir tahun. “Bapak ibu perlu tahu bahwa di Lapas Bantaeng lebih dari separuh itu adalah kasus narkoba. Sehingga Bantaeng ini, juga sudah termasuk kondisi darurat,” ungkapnya.

Mantan Kasatlantas Polrestabes Makassar ini, pun berharap kepada semua pihak agar bersama-sama melakukan upaya untuk mengurangi pengguna narkoba. Dengan cara melakukan pembinaan terhadap masyarakat Bantaeng.

Ia juga mengatakan, silaturahmi Dai Kamtibmas dan Jajaran Polres Bantaeng ini, dalam rangka menjalin hubungan emosional. Sehingga tercipta stabilitas harkamtibmas.

Andi Kumara juga mengaku peran para Dai Kamtibmas Jajaran Polres Bantaeng dalam rangka menjalin hubungan emosional. Sehingga tercipta stabilitas harkamtibmas yang-diharapkan. Serta kebijakan pemerintah terkait protokol kesehatan dengan adanya pemberian Vaksin kepada seluruh warga. Guna mencegah penyebaran Covid-19 dan berharap lebih bisa bersinergis dengan Kepolisian dalam memelihara kamtibmas.

“Penekanan bapak Kapolda bahwa terkait Kamtibmas yang perlu-disikapi. Yaitu, bagaimana cara agar seluruh masyarakat Kabupaten Bantaeng berada dalam suasana kondusif dan nyaman,” pungkas Andi Kumara. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button