NewsNusantaraSulsel

Gubernur Andi Sudirman Resmikan Ruas Jalan Sepanjang 9,1 Km di Toraja

Ruas Batupapan - Bandara Pongtiku - Batas Torut

TORAJA, NEWSURBAN.ID — Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman resmikan ruas jalan Batupapan – Bandara Pongtiku – Batas Toraja Utara di Kabupaten Tana Toraja.

Peresmian itu, berlangsung usai Rapat Paripurna 65 tahun Kabupaten Tana Toraja yang dirangkaikan 775 Tahun Toraja dengan pengguntingan pita tanda diresmikannya, Rabu (31/8/2022).

Ruas merupakan jalur alternatif dari Tana Toraja ke Toraja Utara ini telah dituntaskan penanganannya oleh Pemprov Sulsel sepanjang 9,1 km.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Kerjakan Ruas Antang, Gubernur Andi Sudirman: Tahap Pembongkaran Saluran

“Alhamdulillah, hari ini kita meresmikan Ruas Batupapan – Bandara Pongtiku – Batas Toraja Utara yang telah kita tuntaskan penanganannya sepanjang 9,1 km,” ujarnya.

Selain itu, jalan ini menjadi akses penunjang ke daerah wisata di Toraja Utara maupun di Tana Toraja. Seperti ke arah Lolai di Torut.

Dia juga berkomitmen untuk melakukan penanganan ruas jalan provinsi lainnya di Tana Toraja. Di antaranya Ruas Jalan Mebali – Kuto yang tahun ini,direncanakan di kerjakan sepanjang 6 km dan Ruas Pasobbo – Matangli – Massupu – Batas Pinrang yang tahun ini menjadi fokus untuk-dilanjutkan penanganannya.

Baca Juga: Produksi Pertanian Naik, Pengamat Jempol Mandiri Benih Gubernur Andi Sudirman

“Kita harap dengan akses jalan yang baik akan memudahkan mobilisasi masyarakat yang akan berdampak pada perekonomian masyarakat,” ungkapnya.

Andi Sudirman juga sekaligus meninjau, serta berbincang-bincang dengan masyarakat setempat.

Sementara itu, masyarakat setempat pun merasa senang dengan upaya Pemprov Sulsel menangani ruas jalan Provinsi di Toraja.

Salah seorang masyarakat, Bunyamin Seru mengatakan bahwa jalan ini mulai-dinikmati setelah-dikerjakan oleh Pemprov Sulsel pada tahun 2021 lalu.

Baca Juga: Pelantikan APDESI, Gubernur Andi Sudirman Minta Para Kades Konsen Penurunan Stunting dan ATS

“Ini setelah dari tahun 2021-dibangun jalan sini sudah mulai lancar, dulu itu rusak-rusak terus tapi sekarang setelah-diperbaiki perjalanan sudah lancar. Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Provinsi Sulsel Bapak Andi Sudirman Sulaiman yang telah sangat memperhatikan kami warga Tana Toraja. Khususnya Toraja Utara yang sudah membuatkan jalan antara Toraja Utara dan Tana Toraja sangat bagus. Semog Pemprov Sulsel tetap memperhatikan kami di Toraja,” tuturnya.

Sama halnya, Yuli mengaku, “sudah bagus jalannya. Dulu susah di lewati, rusak dan berlubang-lubang. Sudah cepat ke Toraja Utara,” tambahnya. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button