NewsNusantaraSulsel

Komitmen Dorong Pembangunan Toraja, Gubernur Andi Sudirman: Rampomo Pe’meloi Toraya

TORAJA, NEWSURBAN.ID — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, terus menunjukkan berkomitmen dalam mendorong pembangunan Toraja (Tana Toraja).

Hal itu sebagai bukti nyata, perhatian dan komitmen dibawah kepemimpinan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman. Total alokasi Pemprov di Tana Toraja sekitar Rp 290 Miliar.

“Sebagai wujud komitmen Rampomo Pe’meloi Toraya (datang membangun Toraja),” kata Andi Sudirman pada Rapat Paripurna 65 tahun Kabupaten Tana Toraja yang dirangkaikan 775 Tahun Toraja di Bandara Pongtiku, Rabu (31/8/2022).

Baca Juga: Gubernur Andi Sudirman Resmikan Ruas Jalan Sepanjang 9,1 Km di Toraja

Untuk mendukung kemudahan mobilitas masyarakat, Pemprov Sulsel melakukan penanganan sejumlah infrastruktur secara bertahap.

“Di antaranya Ruas Jalan Mebali Kuto yang tahun ini,direncanakan di kerjakan sepanjang 6 km; di ruas Pasobbo – Matangli – Massupu – Batas Pinrang yang tahun ini menjadi fokus untuk-dilanjutkan penanganannya, mendukung kawasan Simbuang – Mappak,” jelasnya.

“Sementara di Ruas Batupapan – Bandara Pongtiku – Batas Toraja Utara telah kita tuntaskan sepanjang 9,1 km. Dan Alhamdulillah sudah-dinikmati masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga: Dukung Ekonomi Kerakyatan, Gubernur Andi Sudirman Ajak Masyarakat Belanja di Pasar Tradisional

Di tahun 2022 ini pula, akan melakukan pembangunan Jembatan Talondo di ruas Kotu – Mebali.

Dalam mendorong upaya pemulihan di sektor wisata, tahun ini Gubernur Sulsel mengalokasikan bantuan keuangan senilai Rp 22,5 Miliar untuk Tana Toraja.

“Yang peruntukannya untuk mendukung akses menuju kawasan Wisata Ollon yang memiliki panorama alam yang indah. Serta untuk subsidi tiket pesawat dari Toraja – Balikpapan di Provinsi Kalimantan Timur,” pungkasnya.

Baca Juga: Dorong Kemandirian Desa Melalui Wisata, Upaya Gubernur Andi Sudirman Tingkatkan PAD

Terlebih hadirnya Bandara Buntu Kunik yang telah-dibangun atas sinergi bersama Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja. “Di mana sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mendukung dengan pembangunan jalan akses Bandara Buntu Kunik melalui bantuan keuangan,” bebernya.

Lanjut Andi Sudirman, bahwa alokasi itu juga terdiri dari bantuan sektor pertanian, hibah rumah ibadah, dan sektor lainnya.

“65 Tahun Kabupaten Tana Toraja, kita berharap dengan semangat bergerak maju bersama dalam mewujudkan Tana Toraja bangkit, produktif dan tangguh,” pintanya.

Baca Juga: Bupati dan Pelajar Toraja Utara, Apresiasi Gerakan Sulsel Anti Mager Inisiasi Gubernur Andi Sudirman

Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung mengapresiasi dukungan dan bantuan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman di Tana Toraja. “Atas nama masyarakat dan Pemerintah Daerah, kami ucapkan terima kasih atas support dan dukungan Gubernur, bapak Andi Sudirman Sulaiman untuk Tana Toraja,” tuturnya. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button