MetroNewsNusantaraPariwisataParlemen

Ketua DPRD Rudianto Lallo Klaim F8 Dorong Industri Kreatif

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo (RL) mengapresiasi penyelenggaraan Makassar International Eight Festival atau Makassar F8 yang resmi buka Rabu (7/9/2022) malam. Ia menyebut F8 dorong industri kreatif menjadi kekuatan ekonomi masyarakat Kota Makassar.

RL juga mengatakan, saat ini industri kreatif yang banyak-dijalankan kaum millenial. Anak Rakyat itu, mengklaim industri kreatif telah menjadi kekuatan baru dalam menopang pertumbuhan ekonomi. Baik di tingkat daerah dan nasional.

“Hadirnya Makassar F8 ini sangat positif. Makassar F8 dorong industri kreatif bertumbuh dan pelaku-pelaku usaha di bidang ini mempunyai wadah. Untuk memperkenalkan karyanya yang pasti bernilai ekonomis,” tutur si Anak Rakyat, julukan Rudianto Lallo.

Baca Juga: Atraksi Jet Ski F8 Makassar Diramaikan Atlet Brunai dan Malaysia

Menurut dia, usaha kreatif, berkembang cukup baik saat ini. Apalagi, di tunjang oleh pesatnya kemajuan teknologi. Celah pasar yang selama ini,dilakukan secara offline kini berubah online.

“Nonton film hasil karya anak Makassar misalnya sudah bisa melalui gandget di tangan. Ini membuka ruang bagi pelaku perfilman bertumbuh mendapatkan lebih banyak penghasilan melalui internet,” kata politisi yang akrab dengan taqline Anak Rakyat.

Hal positif juga-dirasakan oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang umumnya merupakan usaha kuliner. Menurut Rudianto Lallo, hadirnya Makassar F8 juga menjadi sarana yang baik untuk melakukan promosi.

Baca Juga: Tampilkan Dua Jenis Tarian, 500 Penari Meriahkan Pembukaan Makassar F8

“Pelaku usaha kuliner khususnya yang khas Makassar kalau selama ini jualannya online misalnya, di acara F8 ini hadir langsung di lokasi menjajakan hasil usahanya, orang menjadi lebih tahu dan kedepannya nyaman untuk memesan secara online. Ini positif,” tutur Ketua IKA Unhas Makassar.

Rudianto Lallo menyatakan, kedepannya khusus di Kota Makassar, sektor ekonomi kreatif akan menjadi salah satu sektor penopang pertumbuhan ekonomi daerah. Apalagi, pelaku usaha di bidang ini tidak terikat dengan ruang dan waktu.

“Selain bidang usaha formal, kedepannya ekonomi Makassar saya lihat akan banyak-ditopang oleh industri kreatif, mulai dari seni, fashion hingga teknologi. Ruang untuk pelaku usaha kreatif berekspresi, yang sedang bertumbuh saat ini dan-diisi oleh generasi millenial harus tetap-dijaga, seperti event F8,” tutur Rudianto Lallo.

Baca Juga: Wali Kota Danny Pomanto: F8 Tampilkan Sejarah dan Kemajuan Makassar

Acara pembukaan Makassar F8 sendiri berlangsung meriah di Anjungan Pantai Losari, Rabu (8/9/2022) malam. Pertunjukan seni, budaya dan sejarah Makassar mampu memukau para pengunjung yang hadir. Acara pembukaan F8 sendiri juga di warnai atraksi pesawat Sukhoi.

Hadir membuka event Makassar F8 ini adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomj Kreatif RI Sandiaga Uno. Turut hadir Wakil Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Budi Arie, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan forum komunikasi pemerintah daerah tingkat Provinsk Sulsel dan kabupaten-kota se Sulsel. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button