MetroNewsSulawesi

Adnan Tegaskan Organisasi PMI Bukan Panggung Cari Nama

Lantik Langsung Ketua dan Pengurus PMI Selayar

SELAYAR, NEWSURBAN.ID Ketua PMI Provinsi Sulawesi Selatan, Adnan Purichta Ichsan menegaskan, kehadiran Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan sebuah organisasi kemanusiaan. Sehingga organisasi PMI ini bukan organisasi profit, atau tempat untuk mencari uang dan mencari nama.

Hal ini ditegaskan usai melantik secara resmi Ketua dan Pengurus PMI Kabupaten Kepulauan Selayar masa bakti 2022- 2027 di Lapangan Puncak Tanadoang, Desa Bontomarannu, Kecamatan Bontomanai, Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Organisasi PMI tempatnya untuk membantu sesama yang membutuhkan pertolongan. Semua yang ingin berorganisasi PMI tidak bisa lagi di ragukan kemanusiaannya. Orang – orang PMI adalah orang-orang yang ingin selalu membantu sesama yang membutuhkan bantuan,” katanya, Jum’at (16/9) sore.

Baca Juga : Dinas Kebudayaan Makassar Siapkan Panggung Ekspresi Bagi Anak Lorong

Lanjutnya, pelantikan Wakil Bupati Kabupaten Selayar menjadi Ketua PMI Kabupaten Selayar menjadi agenda utamanya bersama seluruh jajaran PMI Sulsel datang ke Kabupaten Selayar. Dengan itu di harapkan kehadirannya mampu meningkatkan dan menjaga agar stok darah di Kabupaten Selayar dapat terus terpenuhi.

“Termasuk relawannnya semakin aktif untuk bisa membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan dari PMI. Baik itu bencana non alam maupun bencana alam,” terangnya.

Selain itu, pelantikan Ketua PMI beserta pengurus PMI Kabupaten Selayar agar bisa relawannnya itu di-upgrade. Pasalnya upgrading terhadap relawan-relawan perlu di lakukan untuk mendapatkan sertifikasi keterampilan.

“Jadi semua relawan PMI yang bertugas itu harus memiliki keterampilan dan keterampilannya tersertifikasi,” tambahnya.

Melalui kesempatan ini Ketua PMI menitipkan dua pesan kepada Ketua PMI Selayar. Pertama, mari melakukan MOU dengan TNI Polri dan seluruh Forkopimda yang ada. Dengan membuat jadwal rutin setiap dua setengah bulan melakukan donor darah.

Kedua, siapapun yang rajin donor darah Insya Allah pahalanya akan mengalir terus kepada orang yang di bantu karena setetes darah yang kita donorkan. Insya Allah bisa menyelamatkan nyawa seseorang dan akan terhitung sebagai amal jariyah.

“Saya mengajak seluruh elemen yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar ini agar bisa menjaga ketersediaan stok darah dengan rutin melakukan donor darah setiap dua setengah bulan. Selain ketersediaan darah yang baik maka itu juga insya Allah akan menyehatkan siapapun yang mendonorkan darahnya,” katanya Ketua PMI Sulsel ini.

Baca Juga : Tim Relawan Ganjarist Sulsel Sowan ke Danny Pomanto

Di tempat terpisah Ketua PMI Selayar, H Saiful Arief mengatakan setelah dirinya di lantik beserta pengurus PMI Selayar. Pihaknya mengaku ada beberapa agenda kerja yang sempat tertunda dan akan di lanjutkan.

Sesuai dengan arahan pak Ketua PMI maka kinerja akan kami tingkatkan melalui koordinasi, kolaborasi dan sinergitas dengan semua komponen sesuai dengan arahan beliau.

“Kami sudah rencanakan kedepan untuk melaksanakan donor darah secara rutin dengan kontak para institusi-institusi yang ada. Karena hampir setiap hari kita di mintai bantuan darah dan terkadang ada stok darah. Tapi golongan darah yang di butuhkan tidak cocok dengan yang ada,” ungkapnya.

Di akhir kegiatan Ketua PMI Sulsel membuka Kemah Latihan Gabungan PMR Tingkat Wira dan Madya dalam rangka HUT PMI ke-77 yang di tandai dengan pemukulan gong. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button