NewsSulsel

Jembatan Poringan di Luwu Ambruk, Kini Dibangun Pemprov Sulsel

LUWU, NEWSURBAN.ID Komitmen Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman untuk pembangunan baru jembatan Poringan di Kabupaten Luwu kini tengah progres.

Sebelumnya, Jembatan Poringan yang terletak di Desa Tabah, Kecamatan Walenrang Timur, Kabupaten Luwu mengalami ambruk pada 8 November 2021 lalu. Kabar itu pun langsung-direspon oleh Gubernur Andi Sudirman, untuk mendorong pembangunan jembatan baru yang menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten.

Mewujudkan hal itu, Rp 17 Miliar bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Sulsel yang-diberikan kepada Pemkab Luwu untuk tahun 2022 ini. Salah satunya, dialokasikan untuk pembangunan Jembatan Poringan.

Baca juga: Jembatan Sungai Batang Kembali Dihantam Arus Air Deras Akibat Hujan Lebat Mengguyur Luwu Raya

“Alhamdulillah sesuai janji kami Jembatan Poringan, Desa Tabah, Walenrang Timur (Kab. Luwu) yang ambruk Tahun 2021 kini sedang dalam pembangunan. Jembatan ini menjadi bagian Jalur alternatif penghubung Kota Palopo-Kab. Luwu (ke arah Utara) saat Jembatan Miring Palopo (Jembatan S. Sumarambu) mengalami keretakan tahun lalu,” ungkap Andi Sudirman.

Melalui Bantuan keuangan Provinsi, pembangunan jembatan Poringan tengah-dikerjakan oleh Pemkab Luwu.

Baca juga: Banjir di Luwu, Gubernur Andi Sudirman Instruksikan BPBD Kirim Bantuan

“Kami sampaikan saat kunjungan ke Jembatan Miring waktu itu bahwa Jembatan Poringan akan di bangun menjadi jembatan permanen yang sebelumnya hanya berlantai kayu,” tambahnya.

Jembatan yang merupakan jalur alternatif yang menghubungkan Kota Palopo dan Kabupaten Luwu ini, sebagai akses dalam distribusi hasil pertanian masyarakat.

“Dengan terbangunnya Jembatan Poringan (Kondisi Permanen) mengharapkan mempermudah arus barang dan jasa masyarakat setempat dalam peningkatan ekonomi serta menjadi salah satu bagian jalan alternatif Palopo-Luwu (ke arah Utara) bila sewaktu-waktu Jalan Nasional mengalami kerusakan,” harapnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button