Beli Hasil Pertanian, Mendag Minta Rp100 Triliun Dana

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan berencana membeli produksi pertanian dari para petani. Untuk itu, Mendag minta Rp100 triliun dana kepada pemerintah.

Menteri yang akrab dengan sapaan Zulhas itu, mengatakan, usulan tersebut bertujuan agar petani lebih sejahtera. Dan harga bahan-bahan pokok semisal beras, jagung, dan lainnya bisa terjaga pasokannya dan harga jadi lebih terjangkau.

“Kita ingin agar petani itu mengurus pertanian saja, tidak usah mengurusi harga. Nah, kita akan atur itu. Rp100 triliun kita ajukan setahun,” kata Zulhas dalam acara ‘Kinerja 100 Hari Mendag’ di Kantor Kemendag, Jakarta Pusat, Minggu (25/9).

Baca Juga: Kecewa Pilihan Jokowi, Ekonom Minta Mendag Zulkifli Hasan Atasi Masalah Perdagangan dan Harga Minyak Goreng

Soal usul dana Rp100 triliun itu, Zulhas mengaku sudah menyampaikan ke Presiden Joko Widodo. Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu, juga mengklaim Jokowi juga sudah sepakat dengan usulan tersebut.

“Waktu rapat dengan Presiden minggu lalu saya usulkan, kalau kita bisa membakar uang untuk subsidi minyak sampai Rp600 triliun, sebetulnya petani itu cukup Rp100 triliun per tahun,” ujar Zulhas.

Menurut Zulhas dengan usulan tersebut ia meyakini pasokan bahan-bahan pokok seperti jagung, kedelai, beras, cabai melimpah.

Baca Juga: Empat DPD PAN di Sulsel Kompak Usulkan Zulhas Capres 2024

“Kita bisa produksi jagung, kedelai, beras melimpah, tapi petani dia produksi saja. jangan pikir harga jual,” paparnya.

Menurut Zulhas nantinya perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang akan menyerap hasil pertanian itu.

Ia menyebut Jokowi juga sudah menginstruksikan agar BUMN bisa membeli hasil-hasil pertanian dari petani.

Baca Juga: Kemendag Temukan Harga Minyak Goreng Mahal di Bone

“Mau saya tanya terus, memang presiden sudah perintahkan agar BUMN beli hasil-hasil petani, perintah bapak sudah,” kata dia.

“Makanya kita akan kejar, dengan badan pangan, BUMN, Kementerian Pertanian, bila perlu saya yang datangi, enggak apa-apa. Untuk kebaikan, akan saya coba,” imbuhnya. (#)

# Mendag Minta Dana Rp100 Triliun

Exit mobile version