EkonomiNewsSulsel

Bupati Bone Canangkan Gerakan Tanam Cabai Merah

BONE, NEWSURBAN.ID – Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) mencanangkan Gerakan Tanam Cabai Merah serentak di Kelurahan Pappolo, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan Senin (26/9/2022).

Launching gerakan tanam cabai ini dihadiri langsung Bupati Bone, H.Andi Fahsar M Padjalangi serta beberapa pejabat Bone lainnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Bone menitip harapan agar Bone ini bisa menjadi sentra cabai di Indonesia.

Baca juga: Bupati Bone: Kalau ada Petahana Tidak Terpilih, Berarti Kinerjanya Buruk

“Bone di upayakan jadi sentra cabai. Kalau ini bergerak dan berkesinambungan di bawah kendali Andi Asman (Kadis TPHP), kita tidak perlu lagi mendatangkan cabai dari luar,” kata Bupati.

Ketua IKA FISIP Unhas itu menyebutkan, jika setiap rumah minimal menanam tiga pohon. Maka masyarakat tidak akan sulit lagi mendapatkan cabai untuk konsumsi.

“Saya kira, di bawah kendali pak kadis ini, target itu bisa kita capai. Apalagi luas lahan di Bone sangat memungkinkan,” tukasnya.

Dandim Bone, Letkol Inf Moch Rizky Hidayat menambahkan, pihaknya sudah mengerahkan seluruh babinsa untuk melakukan pendampingan ke petani. Bekerjasama dengan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL).

Baca juga: Usai Panen Raya, Komunitas Bharenzek Bulu-Bulu Gelar Lomba Balap Sepeda Motor Gabah

“Babinsa tugasnya pendampingan ketahanan pangan di masyarakat. Kita sudah berkomitmen membantu pemerintah daerah mensukseskan ketahanan pangan. Kita juga memotivasi warga agar memanfaatkan lahan tidurnya,” ucapnya.

Sementara itu, Kadis TPHP Bone, HA Asman Sulaiman menegaskan, untuk ketersediaan bibit sangat mencukupi. “Kita ada 50 ribu bibit yang disemai di Lampoko,” katanya.

Baca juga: Irwandi Natsir Bagikan Puluhan Alsintan Pada Masyarakat

Kadis Asman juga siap merealisasikan harapan bupati, menjadikan Bone swasembada pangan khususnya komoditas cabai.

“Teman-teman penyuluh sudah bergerak dan dibeberapa desa itu sudah ada yang berhasil. Ke depan kita akan galakkan lagi. Sehingga Bone ini bisa menjadi pemasok utama cabai di Sulsel,” kuncinya. (Fan/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button