EkonomiNewsNusantaraSulsel

Petani di Sidrap Akui Produksinya Meningkat Berkat Mandiri Benih Padi Bantuan Gubernur

SIDRAP, NEWSURBAN.ID — Program mandiri benih Bantuan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman Tahun Anggaran 2022 sudah di rasakan petani di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap).

Salah satunya oleh Kelompok Tani Sejahtera di Desa Passeno, Kecamatan Baranti. Ia menggelar panen raya di atas lahan sawah seluas 25 hektare. Dan menghasilkan produksi padi sebanyak 7,23 ton per hektare, Rabu (28/9/2022).

Baca Juga: Pemprov Sulsel Raih Apresiasi Permohonan Hak Cipta Tertinggi di DJKI dari Kemenkumham

Ketua Kelompok Tani Sejahtera, Lantah Pa’dongi, mengaku, bantuan Mandiri Benih Padi yang di berikan gubernur adalah benih bermutu yang membuahkan hasil padi lebih meningkat dan lebih berkualitas.

“Alhamdulillah bagus sekali ini Pak, sungguh saya sangat bersyukur (atas bantuan Mandiri Benih Padi dari gubernur). Dulunya cuma 5 sampai 6 ton per hektare sekarang sudah dapat 7 ton per hektare Pak,” ungkapnya.

Baca Juga: Permohonan Hak Cipta dari Sulsel Naik 57 Persen dari 1.749 ke 2.751

Hal yang sama di sampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sidrap, Ibrahim AS. Menurutnya, panen yang menggunakan benih dari bantuan gubernur ini mengalami peningkatan produksi selama dua tahun terakhir dengan selisih 2 ton per hektare.

Di tahun sebelumnya, kata Ibrahim, jumlah produksi panen dari Kelompok Tani Sejahtera sebanyak 5 sampai 6 ton per hektare. Kini dengan menggunakan benih dari bantuan gubernur, jumlah produksi padi mencapai 7 hingga 8 ton per hektare.

Baca Juga: Terbukti, Program Mandiri Benih Sulsel Dongkrak Hasil Pertanian

“Panen hasil bantuan Mandiri Benih Padi dari Pak Gubernur ini hasilnya cukup baik. Alhamdulillah, sudah ada selisih. Dari peningkatan produksinya, itu di atas 2 ton dalam satu hektarenya. Jadi kalau dulunya itu cuma 5 sampai 6 ton per hektare, sekarang sudah mencapai 7 sampai 8 ton dalam satu hektarenya,” ujarnya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Balai Benih Tanaman Pangan (UPT BBTP) Dinas Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Sulsel, Abdul Gaffar menjelaskan, panen yang digelar di Kabupaten Sidrap adalah panen produksi dari benih sebar atau padi konsumsi.

Baca Juga: Produksi Padi Petani Sidrap Meningkat dari 7 Ton Menjadi 9 Ton

“Di Sidrap kita panen bantuan Pak Gubernur ke petani. Bantuan itu, ada bantuan benih sebar namanya. Produksinya nanti adalah konsumsi,” ucapnya.

Benih sebar yang-ditanam petani Kelompok Tani Sejahtera di Sidrap, tambah Abdul Gaffar, adalah hasil benih penangkar dari bantuan gubernur. (#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button