KesehatanMetroNewsNusantara

Cegah Monkeypox Masuk Makassar, Danny Pomanto Ajak IDI Tingkatkan Kolaborasi

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) ajak IDI tingkatkan kolaborasi untuk cegah monkeypox masuk Makassar. Danny menyampaikan ajakan itu, saat membuka seminar yang di selenggarakan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Makassar di Auditorium Rumah Sakit Universitas Hasanuddin, Sabtu (1/10/2022).

Membahas Tanggap Bencana Pasca Pandemi dan Pengendalian Outbreak Monkeypox, seminar ini menghadirkan dr. Khalid Saleh dan dr Asnawi Majid sebagai pembicara.

Di hadapan para peserta seminar, Danny Pomanto mengajak IDI Cabang Kota Makassar meningkatkan kolaborasi untuk cegah monkeypox masuk Makassar. Monkeypox adalah virus cara monyet yang muncul di tanah air beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Danny Pomanto Senang, BPSMI Sulsel Bina Seniman Muda

Sebab, menurut Danny salah satu pendorong suksesnya pengendalian kasus Covid-19 melalui program Makassar Recover berkat adanya dukungan dari IDI Cabang Kota Makassar.

“Semua program kita tidak akan jalan tanpa ada kolaborasi dengan organisasi yang baik. Inti dari keberhasilan Makassar Recover adalah dukungan dari IDI,” kata Danny.

Karena adanya kolaborasi yang apik antara Pemkot Makassar dengan IDI membuat program Makassar Recover di akui secara nasional.

Baca Juga: Danny Pomanto Dukung Dialog Kebangkitan Politik Perempuan KOHATI Makassar

Sehingga Danny Pomanto berharap kesuksesan program Makassar Recover mampu menjadi tolak ukur dalam pengendalian outbreak monkeypox di Kota Makassar.

Apalagi sebelumnya ada dua pasien yang di duga suspek monkeypox cacar monyet, meski hasil uji laboratorium dari Kementerian Kesehatan di nyatakan negatif.

“Hal-hal seperti ini yang kita tidak mau, sehingga perlu pencegahan sejak dini. Jadi kolaborasi antara Pemkot Makassar dengan IDI harus terus kita di tingkatkan,” paparnya

Baca Juga: Wali Kota Danny Pomanto Dukung Konferensi Internasional ICAME 2022 di Makassar

Ketua IDI Cabang Makassar dr Siswanto Wahab menyampaikan IDI siap menjadi garda terdepan untuk mencegah masuknya kasus monkeypox di Kota Makassar.

“Alhamdulillah yang sebelumnya di anggap suspek sudah di nyatakan negatif. Ini semua berkat peran dokter untuk bisa menyelamatkan masyarakat dari kasus monkeypox,” tutur dr Siswanto.

dr Siswanto Wahab juga mengatakan IDI Cabang Makassar siap mendukung program pemerintah kota di bawah kepemimpinan Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto. (#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button