KesehatanNewsNusantaraSulsel

Sekda Gowa Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan Jantung Sejak Dini

GOWA, NEWSURBAN.ID — Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, Kamsina mengajak agar masyarakat mulai menjaga kesehatan jantung sejak dini.

Imbauan ini menjadi perhatian Kamsina saat membuka Kegiatan World Heart Day dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia yang di gelar oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovascular Indonesia (PERKI) Cabang Makassar bekerjasama Yayasan Jantung Sehat Indonesia Cabang Sulawesi Selatan di Aula Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf Kabupaten Gowa, Minggu (2/10).

Kamsina dalam sambutannya mengatakan, penyakit jantung dan pembuluh darah masih menjadi ancaman dunia. Dan merupakan penyakit yang berperan utama sebagai penyebab kematian nomor satu di seluruh dunia.

Baca Juga: Bazar Pangan Murah di Gowa Bantu Ringankan Beban Masyarakat

“Sehingga dalam peringatan Hari Jantung Sedunia ini,diharapkan masyarakat lebih sadar dan mengerti tentang bahaya dan cara mencegah terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah,” ujarnya.

Kamsina menyebutkan, berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) lebih dari 17 juta orang di dunia tiap tahunnya meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah. Sehingga menurutnya, meningkatkan kesadaran tentang penyakit jantung sangat penting tidak hanya bagi diri sendiri tetapi juga untuk orang-orang di sekitar.

Lanjut Kamsina, untuk menurunkan beban penyakit jantung dan pembuluh darah di Indonesia tidak hanya tugas salah satu pihak. Namun, peran serta semua lapisan masyarakat.

Baca Juga: Living Plaza Hadir di Gowa, Abd Rauf: Akan Tekan Angka Pengangguran dan Kemiskinan

“Saat ini menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama-sama untuk menurunkan insidensi. Dan beban penyakit kardiovaskular di mulai dari langkah yang sederhana yaitu dengan rutin memeriksakan kesehatan jantung melalui pemeriksaan EKG,” lanjutnya.

Karena itu, dia berharap dengan pelaksanaan kegiatan ini masyarakat dapat datang untuk memeriksakan kesehatan jantungnya. Memperoleh informasi mengenai penyakit jantung langsung dari dokter ahlinya serta-diharapkan masyarakat dapat menyampaikan informasi yang di peroleh kepada sanak keluarga yang lain.

“Pemkab Gowa juga menyampaikan terima kasih kepada PERKI atas di pilihnya Gowa sebagai lokus kegiatan World Heart Day tahun 2022 ini. Semoga kegiatan ini memberikan kontribusi terhadap kesehatan jantung dalam mendeteksi dini terhadap penyakit jantung,” harapnya.

Baca Juga: Pemkab Gowa Buka Pendaftaran Pembina dan Pengajar Tahfidz Qur’an

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) Cabang Makassar dr. Abdul Hakim Alkatiri, juga mengatakan penyakit jantung masih menjadi pembunuh No. 1 di dunia. Sehingga menurutnya bakti sosial seperti penyuluhan kesehatan jantung sangat penting-dilakukan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan jantung serta kesadaran akan pentingnya kesehatan jantung. Sehingga kedepannya sapat menurunkan kejadian kematian akibat penyakit jantung di masyarakat,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, berdasarkan data, bahwa di Sulsel dalam 1 hari orang yang mengalami serangan jantung kurang lebih 36 orang. Artinya, dalam 1 jam sekitar 1 sampai 2 orang yang terkena serangan jantung. Jika distribusi per kabupaten di yakini bahwa setiap hari 1 kabupaten minimal 1 orang yang mengalami serangan jantung. (VH/AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button