MetroNewsParlemenPendidikanPolitik

Ratusan Mahasiswa Baru Universitas Handayani Kuliah Umum, Ketua DPRD Rudianto Lallo Hadir Memberi Motivasi

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Ratusan mahasiswa baru Universitas Handayani Makassar (UHM) mendapat motivasi dari Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo dalam kuliah umum di Grand Immawan, Senin 3/10/2022. Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo hadir memberikan kuliah umum sekaligus memotivasi para mahasiswa baru Universitas Handayani Makassar.

Pentolan aktivis Mahasiswa UNHAS era 2000 an itu mengatakan menyandang sebutan sebagai Mahasiswa tidak muda. Mereka adalah orang terpelajar dan identik dengan kaum intelektual, serta resah jika terdapat kebijakan pemerintan yang tidak berpihak kepada rakyat.

“Mahasiswa tak bisa terlepas dari yang namanya pergerakan, mereka menjadi pengawas pemerintah dan menjadi garda terdepan dalam mewakili aspirasi masyarakat,” kata Rudianto Lallo.

Baca Juga: Ketua DPRD Rudianto Lallo Apresiasi Inisiatif Warga BPH Serahkan PSU ke Pemkot Makassar

Menurut Mantan Ketua Senat Ikatan Mahasiswa Hukum Indonesia (ISMAHI) itu dengan status sebagai mahasiswa maka seluruh pemangku kibijakan, mulai dari daerah hingga pusat dalam hal ini setingkat presiden sekalipun berani di protes. Sejarah panjang perjuangan mahasiswa telah menorehkan catatan positif dalam melawan kebijakan pemerintah.

“Jika ditelusuri jejak sejarah, perjuangan mahasiswa itu ada sebelum indonesia meredeka, runtuhnya orde lama atau kepemimpinan Sukarno pada tahun 1966 tidak lepas dari aksi besar-besaran Mahasiswa, begitupula keruntuhan orde baru Suharto yang berkuasa selama 31 tahun. semuanya karena aksi mahasiswa.”ujar Rudianto Lallo.

Olehnya itu, Politisi yang dikenal sebutan Anak Rakyat itu berharap kepada 200 lebih Mahasiswa baru UHM untuk memanfaafkan statusnya sebaik-baiknya. Pertama belajar dengan baik, memanfaatkan lembaga-lembaga dalam kampus sebagai wadah interaksi, dan tentunya berguna bagi masyarakat luas.

Baca Juga: DPRD Makassar Luncurkan Aplikasi e-Ro’Ta untuk Cover Aspirasi Masyarakat

“Masa depan adek-adek di tentukan di kampus UHM ini. Kesempatan membangun jaringan dan belajar itu saat masa menjadi mahasiswa,”paparnya.

Lelaki asal Pulau Lakkang itu juga menyampaikan kisah hidupnya yang terlahir dari anak rakyat, yang bukan keturunan bangsawan, pejabat. Tapi di usia 33 tahun terpilih menjadi anggota DPRD Makassar dan di Usia 37 Tahun menjadi Ketua DPRD Makassar. Menurur dia semua pencapaian itu tidak datang secara kebutulah, tetapi di dahului dengan niat dan cita-cita.

“Semuanya saya tentukan saat masih kuliah, saya berusaha mencari jalannya, dan alhamdulillah kami wujudkan itu,” ujar Rudianto Lallo yang juga ketua IKA Unhas Makassar itu.

Baca Juga: RDP Terkait Tarif PPTI, DPRD Makassar Hadirkan Dirut KIMA

Dia juga menceritakan sejarah panjang menjadi mahasiswa di Unhas yang nyaris drop out (DO). Karena sudah memasuki pada tahun ketujuh menjadi mahasiswa lantas belum menyandang gelar sarjana. Bahkan, kata Rudianto berbagai tanggapan miring, seperti di anggap bodoh, malas dan lainnya.

“Tapi bagi saya mohon maaf, saya menikmati menjadi mahasiswa. Tidak enak melepas status mahasiswa, saat itu saya bangga menjadi pejabat mahasiswa. Kenapa? karena itu tadi, bukan anak siapa-siapa. Bukan anak bangsawan, bukan anak pejabat, tapi bisa memimpin lembaga di kampus Unhas. Keluar masuk kantor kementrian, berdiskusi Wapres Jusuf Kalla, Presiden SBY, dan sejumlah pejabat tinggi negara,” sebutnya.

“Namun saat ini, selama saya menjadi Ketua DPRD tidak pernah lagi keluar masuk istana. Kadi saya katakan manfaatkan status adek-adek untuk membangun jaringan,” tutup Rudianto Lallo. (#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button