NewsSulsel

Panitia Sampaikan Progres Persiapan Hari Jadi Sulsel dalam Coffee Morning

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Hari jadi Sulawesi Selatan ke-353 adalah milik seluruh masyarakat Sulawesi Selatan. Untuk itu, penyelenggaraannya akan melibatkan seluruh lapisan masyarakat tanpa menghabiskan biaya mahal namun tetap meriah. Beberapa rangkaian kegiatan pun bakal digelar sepanjang bulan Oktober sampai November 2022.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Sulawesi Selatan sekaligus sebagai Ketua Panitia Hari Jadi Sulawesi Selatan ke-353 Sukarniaty Kondolele, Selasa (4/10/2022). Coffee morning ini membahas progres persiapan Hari Jadi Sulsel di hadapan awak media.

Sukarniaty menyampaikan, panitia telah menyelesaikan desain logo serta tema Hari Jadi Sulsel dan siap untuk disebarkan luaskan ke 24 kabupaten/kota, BUMN, BUMD termasuk instansi vertikal serta instansi swasta untuk turut serta memeriahkan rangkaian acara ini.

Sebagai puncak acara adalah Rapat Paripurna tanggal 19 Oktober yang akan-digelar di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Sulsel. Dan sebagai penutup akan diadakan acara Anti mager dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

Baca juga: Hari Jadi 761 Tahun Soppeng, Gubernur Sulsel Sebut Telah Alokasikan Anggaran Rp 414,5 M

“Lembaga atau instansi swasta dapat berpartisipasi dengan menggelar event olah raga tradisional yang melibatkan masyarakat. Memasang umbul-umbul atau baliho, beberapa mall di Sulsel juga akan memberikan diskon dalam rangka Hari Jadi Sulsel. Serta beberapa maskapai penerbangan juga akan memberikan promo pembelian tiket kepada masyarakat,” ungkap Sukarniaty.

Beberapa agenda olah raga, penanaman mangrove, pameran, jambore PKK, Dekranasda Expo dan Jambore Kepala Desa menjadi bagian dari rangkaian panjang perayaan ke-353 kelahiran Sulawesi selatan. Di mana tahun ini mengusung tema “Sulsel Optimis, Sulsel Tangguh, Ekonomi Berdaulat.”

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan Setiawan Aswad menambahkan, dalam rangka hari jadi sulsel tahun ini akan-digelar Kirab Pelajar Andalan yang akan melibatkan 240 siswa berprestasi. Setiap kabupaten/kota akan di ambil 10 pelajar termasuk pelajar Madrasah berprestasi.

Baca juga: Kirab Pelajar Andalan dan Anti Mager Akan Warnai HUT ke-353 Sulsel

“Filosofi Kirab Pelajar Andalan bahwa kita ingin memperkuat silaturahmi dan kesatuan. Di antara generasi muda kita khususnya para pelajar yang berasal dari 24 kabupaten/kota di Sulsel. Nantinya pelajar tersebut akan berangkat dari empat penjuru mata angin (Luwu Timur, Toraja Utara, Selayar dan Bone). Akan melepas oleh bupati atau wakil bupati setempat. Diharapkan tanggal 15 Oktober 2022 mereka yang terdiri dari 240 pelajar berprestasi ditambah dengan Ketua OSIS akan bertemu di Karebosi,” jelas Setiawan Aswad.

Menutup Coffee Morning, Kepala Dinas Perindustrian Sulsel Ahmadi Akil menjelaskan akan-digelar Pekan Raya Sulawesi Selatan. Rencananya berlangsung secara outdoor. Berbeda dengan pameran pembangunan tahun sebelumnya.

“Konsep Pekan Raya Sulsel tahun ini, bukan hanya mengisi oleh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. Namun, harapan kita ialah melibatkan BUMN, BUMD, perusahaan otomotif, perusahaan yang bergerak di bidang permainan anak-anak. Dan akan ada juga tenant khusus kuliner.” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button