NewsSulbar

Hari Jadi ke 353 Sulsel, Pelajar Bersama Warga Tanam 250.000 Pohon Mangrove

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan bersama Dinas Pendidikan (Disdik) Prov. Sulsel akan melakukan penanaman 250.000 batang mangrove.

Kolaborasi aksi penanaman mangrove yang  melibatkan sekitar 18.000 siswa/siswi SMA dan SMK tersebut akan dilaksanakan secara serentak tanggal 15 Oktober 2022 di 9 (sembilan) wilayah pesisir kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

Mereka adalah Kota Makassar, Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep, Kabupaten Barru, Kabupaten Luwu Utara, Kota Palopo. Kabupaten Bone, Kabupaten Jeneponto dan Kabupaten Kepulauan Selayar. Bukan hanya siswa, warga Sulsel pun terlibat dalam proses penanaman pohon mangrove ini.

Baca juga: Hari Jadi Sulsel ke 353 Tahun, Pemprov Gelar Halal Fest untuk Bangkitkan Ekonomi Syariah

Kepala Disdik  Prov. Sulsel, Setiawan Aswad menyampaikan bahwa selain untuk memperingati Hari Jadi Sulsel Ke-353 Tahun, aksi ini juga sebagai upaya untuk penghijauan di wilayah pesisir.

“Selain itu juga untuk melestarikan dan penguatan ekosistem perikanan dan kelautan, khususnya di Sulawesi Selatan,” ungkap Setiawan, Rabu (05/10/2022).

Baca juga: Panitia Sampaikan Progres Persiapan Hari Jadi Sulsel dalam Coffee Morning

Pelibatan siswa/siswi dalam aksi tersebut, kata Setiawan, sejalan dengan program Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman untuk menciptakan pelajar Andalan yang peduli lingkungan.

“Beberapa kegiatan terkait hal tersebut, di antaranya gerakan penanaman pohon, gerakan sekolah hijau dan produktif. Termasuk di dalamnya sekolah bebas sampah plastik. Harapannya, dengan aksi penanaman mangrove nantinya dapat membangun kesadaran siswa/siswi terhadap pelestarian lingkungan,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button