NewsNusantaraSulsel

Besok, Gubernur Andi Sudirman Pimpin Penanaman Mangrove 35.300 Pohon

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman akan memimpin penanaman mangrove 35.300 pohon di wilayah pesisir Sulsel sebagai rangkaian hari jadi ke 353 Provinsi Sulsel. Pelaksanaan penanaman ratusan ribu mangrove ini dilakukan pada Sabtu, (15/10/2022).

Penanaman ini selain melibatkan warga juga sejumlah siswa SMA se Sulsel. Kolaborasi aksi penanaman mangrove yang melibatkan sekitar 18.000 siswa/siswi SMA dan SMK tersebut akan-dilaksanakan secara serentak pada 15 Oktober 2022 di sembilan wilayah pesisir kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

Antara lain Kota Makassar, Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep, Kabupaten Barru, Kabupaten Luwu Utara, Kota Palopo, Kabupaten Bone, Kabupaten Jeneponto dan Kabupaten Kepulauan Selayar. Bukan hanya siswa, warga Sulsel pun terlibat dalam proses penanaman pohon mangrove ini.

Baca Juga: Siapkan Hadiah Umrah, Gubernur Ajak Warga Jalan Santai Sulsel Anti Mager 3,53 Km

“Untuk acara penanaman simbolis oleh Bapak Gubernur akan di laksanakan di PIP Untia. Yang lain di Maros, Pangkep, Barru, Bone, Bulukumba, Selayar, dan Luwu,” ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel Muhammad Ilyas, Jumat (14/10/2022) di Makassar.

“Jadi Bapak Gubernur hanya simbolis saja. Nanti sisanya di tanam siswa/siswi dan kami. Rencana kita tawarkan ke tamu tamu dan Kepala OPD pemprov. Jika beliau berkenan turun kita akan siapkan lokasi,” ujar Ilyas.

Selain penanaman pohon mangrove juga di laksanakan side event dengan penyerahan gudang garam 7 unit, penyerahan perahu POKMASWAS 2 unit, Penyerahan smart Fishing 10 unit, Penandatanganan prasasti peresmian rehabilitasi PPI Lonrae kab. Bone, Launching gerai layanan nelayan, Penyerahan bibit produktif jenis pinus merkusi dan jenis aren dari dinas Kehutanan.

Baca Juga: Hari Jadi Sulsel ke-353 Tahun, Dari Mitra Gojek Hingga Objek Wisata Pantai Galesong Diskon Besar-Besaran

Kepala Dinas Pedidikan Prov. Sulsel, Setiawan Aswad saat di hubungi melalui sambungan telepon menyampaikan bahwa selain untuk memperingati Hari Jadi Sulsel Ke-353 Tahun. Aksi ini juga sebagai upaya untuk penghijauan di wilayah pesisir.

“Selain itu juga untuk melestarikan dan penguatan ekosistem perikanan dan kelautan, khususnya di Sulawesi Selatan,” ungkap Setiawan.

Pelibatan siswa/siswi dalam aksi tersebut, kata Setiawan, sejalan dengan program Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Untuk menciptakan pelajar Andalan yang peduli lingkungan.

“Beberapa kegiatan terkait hal tersebut, di antaranya gerakan penanaman pohon, gerakan sekolah hijau dan produktif. Termasuk di dalamnya sekolah bebas sampah plastik. Harapannya, dengan aksi penanaman mangrove nantinya dapat membangun kesadaran siswa/siswi terhadap pelestarian lingkungan,” pungkasnya. (#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button