EkonomiMetroNewsPeristiwa

PLN Gerak Cepat Pulihkan Listrik Pasca Banjir dan Longsor di Mamuju dan Toraja Utara

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID Curah Hujan yang tinggi di Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan sejak beberapa hari yang lalu mengakibatkan banjir, longsor serta pohon tumbang sehingga menyebabkan tiang PLN patah serta beberapa aset kelistrikan terdampak.

Selain itu Gardu Distribusi PLN di beberapa daerah terendam banjir, sehingga petugas PLN harus mematikan pasokan listrik agar tetap aman sampai pelanggan.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat, Moch. Andy Adchaminoerdin mencatat, dari pendataan awal pada Rabu (12/10) sejumlah 13.281 pelanggan di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju dan 5 Kecamatan dalam Kabupaten Toraja Utara terdampak akibat rusaknya infrastruktur PLN. “Alhamdulillah, dalam rentang waktu 3 hari sampai dengan Jumat (14/10) pukul 13.00 WITA sudah 12.796 pelanggan atau sebesar 96,35% pelanggan terdampak berhasil kami pulihkan pasokan listriknya,” terang Andy.

Baca Juga : Indosat Business Dorong UMKM Indonesia Bertransformasi dan Berani Jadi Besar

“Sampai saat ini petugas masih bekerja memulihkan pasokan listrik di lapangan untuk memperbaiki aset-aset kelistrikan PLN yang terdampak dan Alhamdullilah pasokan listrik di daerah terdampak Kabupaten Toraja Utara sudah pulih” tambahnya.

Dirinya menyebut tantangan yang di hadapi petugas PLN dalam proses penormalan adalah kondisi longsor dan pohon tumbang. Sehingga mengakibatkan terhalangnya akses jalan serta intensitas curah hujan yang masih tinggi.

Andy juga mengimbau masyarakat agar memastikan semua instalasi listrik dan peralatan elektronik. Telah kering dan aman sebelum di nyalakan untuk menghindari korsleting listrik. “Apabila masyarakat membutuhkan layanan kelistrikan selanjutnya bisa menghubungi PLN melalui aplikasi PLN Mobile,” ujar Andy.

YBM PLN Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak

Di samping pemulihan pasokan listrik, PLN juga turut aktif memberikan bantuan kepada para warga yang terdampak banjir bandang.

PLN Gerak Cepat Pulihkan Listrik Pasca Banjir dan Longsor di Mamuju dan Toraja Utara

Baca Juga : TPID Kota Makassar Bahas Upaya Pengendalian Inflasi Akhir Tahun

Melalui Yayasan Baitul Mal (YBM) PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3). Mamuju dan UP3 Palopo menyalurkan bantuan berupa paket makanan siap saji, beras, air mineral. Serta kebutuhan utama lainnya bagi masyarakat di Kec. Kalukku, Kabupaten Mamuju serta di Toraja Utara.

“PLN selain berfokus pada pemulihan pasokan listrik kami juga berempati kepasa masyarakat. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan bencana ini dapat cepat berlalu,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button