NewsNusantaraSulsel

Disbudpar Gandeng Dekranasda Sulsel di Mulofest #4

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Sulsel, menggelar Mulofest #4, yang dilaksanakan selama dua hari, 14 – 15 Oktober 2022. Kegiatan ini dibuka Ketua Dekranasda Sulsel yang-diwakili Wakil Ketua I Siti Fatimah Hayade.

Ketua Dekranasda Sulsel dalam sambutannya yang-dibacakan Wakil Ketua I Siti Fatimah Hayade, mengapresiasi pelaksanaan Mulofest #4 yang keren, hebat, inspiratif. Terlebih lagi bahwa kegiatan Mulofest dari semua serinya sedikit pun tidak  membebani Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Kami berharap kegiatan seperti ini dapat mendorong industri kreatif, baik fashion, kuliner maupun  kerajinan lokal, yang menjadi salah satu pendorong peningkatan perekonomian di Sulawesi Selatan, khususnya produk-produk UMKM,” ujarnya saat pembukaan, di Gedung Mulo Makassar, Jumat, 14 Oktober 2022.

Baca Juga: Hari Jadi ke-353 Sulsel, Gubernur Andi Sudirman Akan Beri Bonus Atlet Berprestasi

Ia mengatakan, Indonesia merupakan negara yang kaya akan potensi alam dan keanekaragaman budaya, serta tradisi yang menjadi sumber utama eksplorasi penciptaan produk-produk kreatif, unik dan berkualitas. Pelaku industri kreatif nasional harus menjadi tuan di negeri sendiri, adalah suatu komitmen dan misi yang harus-dimanifestasikan ke produksi kriya yang berdaya saing global untuk pengembangan  pangsa  pasar  ekspor.

“Akan tetapi hal ini harus di dukung oleh seluruh stakeholder dan masyarakat Indonesia, dengan mencintai produk dalam negeri,” imbuhnya.

Dekranasda Sulsel sebagai suatu organisasi kemasyarakatan dan merupakan mitra pemerintah, sambungnya, sangat menyambut baik Mulofest ini, karena ide dasarnya sejalan dengan tujuan Dekranasda. Salah satu tujuannya adalah memperhatikan dan memperjuangkan kepentingan pengusaha kecil atau perajin dan seniman dengan mendorong semangat kewiraswastaan mereka.

Baca Juga: Siapkan Hadiah Umrah, Gubernur Ajak Warga Jalan Santai Sulsel Anti Mager 3,53 Km

“Sebagai mitra pemerintah yang bergerak di bidang pengembangan kerajinan masyarakat, Dekranasda Sulsel berada di garda terdepan. Untuk melakukan pembinaan dan pengembangan perajin dalam peningkatan ekonomi kerakyatan. Namun upaya itu tidak akan berhasil jika hanya Dekranasda yang bergerak sendiri. Sangat di butuhkan dukungan organisasi perangkat daerah serta uluran tangan dari BUMN/BUMD,” terangnya.

Sementara, Kepala-Disbudpar Sulsel, Muh Jufri, mengatakan, Mulofest kali ini,disupport penuh oleh Dekranasda Sulsel. Kegiatan ini di laksanakan untuk memberikan ruang bagi UMKM yang bergerak dalam industri kreatif. Untuk memanfaatkan Mulofest #4 ini.

“Kegiatan ini gratis, tidak di pungut biaya apapun. Semoga di event ini, UMKM bisa memperkenalkan produk mereka ke masyarakat,” ujarnya.

Sebagai rangkaian Mulofest #4 ini, juga akan ada pelaksanaan KPID Award. Selain itu, ada dukungan dari Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel dan ASITA Sulsel. (#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button