Motivasi Mahasiswa FKM UMI, Rudianto Lallo: Nilai Akademik Harus Ditunjang Skill dan Jaringan

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo memotivasi ratusan Mahasiswa FKM UMI (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia) dalam kegiatan Kuliah Tamu dengan tema “Masa Depan Sarjana Kesehatan Masyarakat” yang dilaksanakan di Auditorium Al Jibra Kampus UMI Makassar, Sabtu (15/10/2022).

Politisi Partai NasDem itu memberikan berbagai tips kepada Mahasiswa FKM UMI agar dapat bersaing ditengah erah digitalitasi. Dia menyampaikan salah satu yang patut dimiliki Mahasiswa adalah kemampuan alias skill. Kemampuan dalam bidang apapun itu akan berguna untuk kehidupan.

“Skill ini bisa-didapatkan di luar kampus, biasanya, bisa dengan bakat, ataupun melalui latihan. Jadi ini dapat-dikembangkan di mana saja. Seperti di lembaga kemahasiswan, BEM, ataupun lembaga eksternal kampus,” tutur Rudianto Lallo.

Baca Juga: Rudianto Lallo Ajak Mahasiswa Tidak Anti Politik

Dia menjelaskan, saat ini banyak lembaga swasta dan pemerintah lebih mengutamakan skill ketimbang hasil atau nilai. Lembaga terkadang lebih membutuhkan keterampilan sesorang dalam meningkatkan produktivitas dan hasil. Karena itu, waktunya memperdalam kemampuan, mengasah skill selagi masih status sebagai mahasiswa.

“Di kesehatan ini misalnya, terkadang di butuhkan sesorang yang mahir desain grafis, editing gambar dan sebagainya. Kenapa ini di butuhkan? Untuk kepentingan kampanye-kampanye kesehatan, di era digital konten kampanye harus menarik, simple agar pesan yang ingin-disampaikan langsung tercapai. Ilmu ini kadang tidak di temukan dalam kuliah, tapi dapat dengan mudah-ditemukan di luar, atau di organisasi,” ujar Rudianto Lallo.

Selain itu, kata legislator dua periode itu, di butuhkan jaringan atau networking. Dia menyebut waktu yang paling tepat membangun jaringan saat status Mahasiswa. Sebagai orang terpelajar akan lebih muda membuka komunikasi dengan siapa pun. Sebab tugas dasarnya mahasiswa selain pendidikan adalah melakukan penelitian, dan pengabdian kemasyarakat.

Baca Juga: Rudianto Lallo Apresiasi Aksi Sosial IKA SMP 22 Makassar pada Reuni Akbar

“Di bidang apapun itu jaringan harus ada. Apalagi kesehatan, itu sangat dibutuhkan untuk mempermuda. Jadi sekali lagi tidak cukup cuma ngandalkan ijazah tapi harus ada skil,” ujar Anak Rakyat sapaan Akrab Rudianto Lallo.

Dia juga menyampikan jika saat ini pemerintah tengah gencar memprioritaskan pertumbuhan dan perbaikan kesehatan. Yang tentunya membawa keuntungan tersendiri bagi lulusan jurusan kesehatan masyarakat.

“Untuk di Makassar berbagai upaya di laksanakan untuk kesehatan. Mulai dari dukungan anggaran yang besar hingga regulasi. Seperti adanya di buat Perda Larangan Merokok, Perda Perlindungan Tenaga Medis, Pemberian ASI Ekslusif kepada anak dan sebagainya. Tentunya di butuhkan peran-peran mahasiswa kesehatan ataupun alumninya untuk menjalankan semua ini,” tutupnya. (#)

Exit mobile version