Kain Tenun Kajang dan Bira Tampil di Pekan Mode Nona Fashion Week 2022

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Tenun Kajang dan Bira, di kenakan model Nona Fashion Week dan Modern Women’s Exhibition 2022 di Four Points by Sheraton Makassar. Event ini, berlangsung mulai 26-30 Oktober 2022 mendatang. Event mode ini,diklaim terbesar di Sulawesi Selatan.

Pekan mode Nona Fashion Week dan Women’s Exhibition 2022 tersebut merupakan event mode perdana yang digelar di Sulawesi Selatan, dengan menghadirkan salah satu designer kenamaan tanah air, Defrico Audy.

Baca Juga: Produk Tas Anyaman Lontar Atap Konjo, Harumkan Bulukumba di Kancah Nasional

Ia menunjukkan karya spektakulernya di ajang Nona Fashion Week dan Modern Women’s Exhibition 2022 dengan mengambil kain tenun Kajang dan Bira Kabupaten Bulukumba.

Designer papan atas tanah air ini menampilkan koleksi kain nusantara khas dari Kecamatan Kajang dan Bira Kabupaten Bulukumba di hadapan para pengunjung Nona Fashion Week and Modern Women’s Exhibition.

Saat di temui di area pameran, Defrico Audy mengatakan dirinya membuat karyanya dari kain Kajang dan Bira ini bukan tanpa sebab. Dia mengaku tertarik mendesain kain dari Kabupaten Bulukumba ini karena terinspirasi dari kisah historinya terutama kain Kajang.

Baca Juga: Dekranasda Sulsel Komitmen Angkat Produk Lokal

“Saya pakai bahan tenun Kajang dan Bira. Kain tenun yang memiliki nilai histori dari Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan. Saya sangat bangga membuat koleksi dari kain Kajang dan Bira Bulukumba,” bebernya.

Pada kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan terima kasih kepada Ibu Bupati dan Bupati Bulukumba yang begitu mendukung dan mensupport dirinya dalam membuat karyanya dengan bahan kain tenun Kajang dan Bira.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak dan ibu Bupati yang begitu mendukung dan mensupport proses karya ini. Sangat bangga bisa berkolaborasi dengan Dekranasda Bulukumba untuk mengangkat kain tenun nusantara dari Bulukumba, ” bebernya.

Baca Juga: Sambangi Posko Kontingen Porprov Sulsel, Dekranasda Bulukumba Berbagi Bahan Makanan

Sedikitnya ada 12 look dari koleksi yang bertema ,”Bulukumba Happy” karya Defrico Audy.

Karyanya yang di buat dari kain tenun Kajang dan Bira itu, lanjut Audy akan di tampilkan juga di berbagai ajang show di tanah air maupun di luar.

“Insya Allah akan saya bawa ke beberapa panggung mode untuk memperkenalkan kain nusantara. Salah satunya kain tenun Kajang dan Bira,” ujarnya lagi.

Baca Juga: Bupati Andi Utta Launching Simpel “Bangun Karakter Sejak Dini

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Bulukumba, Andi Herfida Attas mengaku bangga bisa membawa kain tenun asal Bulukumba. Di ajang Nona Fashion Week and Modern Women’s Exhibition 2022 ini. Apalagi ada designer tanah air yang membuat karyanya dengan menggunakan kain tenun Bulukumba.

“Sangat bangga. Mewakili masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bulukumba menyampaikan terima kasih kepada mas Defrico Audy. Yang menghadirkan karyanya dengan menggunakan kain nusantara kain tenun dari Kajang dan Bira Bulukumba. Semoga kain tenun asal Bulukumba semakin di kenal oleh penggemar fasyen,” ungkapnya.

Lebih lanjut,dikatakan bahwa untuk pengunjung pameran Nona Fashion Week and Modern Women’s 2022 yang ingin melihat langsung proses menenun. Atau pembuatan kain tenun Kajang maupun Bira bisa mampir di booth Dekranasda Kabupaten Bulukumba dan Defrico Audy.

“Bagi pengunjung pameran yang ingin melihat kain tenun Bulukumba dapat-ditemui dalam bentuk sarung, syal, dan pakaian di booth Dekranasda Bulukumba,” beber Herfida yang juga Kadis Kebudayaan Kota Makassar ini. (#)

Exit mobile version